Cara Mengubah Warna Huruf dan Memberi Highlight

By | Maret 8, 2021

Menulis menggunakan aplikasi Ms Word bukan hanya untuk keperluan resmi. Penulisan untuk keperluan artistic juga bisa dilakukan melalui Ms Word. Kita bisa menggunakan ukuran huruf diluar standar, jenis huruf atau font yang lebih menarik dan tidak monoton seperti penulisan karya ilmiah.

Untuk penulisan yang orientasinya pada seni huruf bisa diganti menjadi berwarna-warni. Tidak hanya hitam yang baku digunakan untuk semua tulisan. Ms Word menyediakan variasi warna beragam yang bisa digunakan. Sehingga hasil tulisan nantinya lebih enak dilihat.

Kebutuhan iklan, poster, pamphlet, stiker bisa dibuat menggunakan Ms Word. Selain merubah warna huruf bisa juga diberikan blok warna untuk menampilkan sesuatu yang beda dari sebuah teks. Berikut ini cara merubah warna huruf dan membuat blok warna atau highlight dalam Ms Word.

Cara Mengubah Warna Huruf di Ms Word

Dalam lembar kerja Ms Word secara otomatis warna font atau huruf dan karakter lainnya adalah hitam atau automatic. Merupakan warna standar dalam berbagai kebutuhan penulisan. Namun kita bisa merubah warna font sesuai selera. Caranya adalah dengan memilih warna pada fitur font color.

Jika ingin menulis langsung dengan warna tertentu, bisa disetting sejak awal. Caranya dengan menu home, klik atau pilih tanda panah ke bawah pada icon font color. Icon Font Color disimbolkan dengan huruf A. Akan langsung tampak daftar warna yang bisa dipilih.

Pilih salah satu warna yang diinginkan dengan klik satu kali. Kemudian mulai menulis seperti biasa. Maka otomatis seluruh tulisan akan menyesuaikan warna yang dipilih. Jika ingin kembali menggunakan warna baku atau hitam ulangi cara seperti sebelumnya lalu pilih automatic.

Kita juga bisa menggunakan warna custom jika daftar warna yang tersedia kurang sesuai. Klik pada More colors, maka akan langsung ditampilkan warna lebih beragam. Jika ingin memilih langsung klik pada bagian warna yang ada kemudian perhatikan pada kotak new.

Kita juga bisa membuat gradasi warna sehingga tampilan font lebih menarik tidak hanya warna tunggal. Untuk kebutuhan penulisan menggunakan huruf ukuran besar, pilihan ini akan membantu mempercantik hasil tulisan. Klik pada bagian Gradient kemudian pilih salah satu model yang dikehendaki dan mulai menulis.

Merubah warna bisa dilakukan setelah penulisan teks dokumen selesai dilakukan. Kita bisa menentukan kalimat, kata atau obyek mana saja yang akan diganti warnanya. Caranya dengan blok kata atau kalimat tersebut kemudian lakukan perubahan seperti cara sebelumnya. Yaitu klik pada menu Font Color di tab Home.

Cara Membuat Highlight atau Blok Warna

Selain merubah warna pada font, kita bisa membuat warna blok. Ms Word menyediakan menu untuk membuat tampilan teks menjadi berwarna. Caranya blok atau sorot kata atau kalimat yang akan dibuat highlight. Kemudian posisikan jendela Ms Word pada tab Home lalu klik icon Text Highlight Color.

Icon Text Highlight Color berada di sebelah Font Color, disimbolkan dengan huruf ab dan kuas. Klik panah bawah di sebelahnya maka akan langsung tampak pilihan warna highlight. Klik salah satu warna maka otomatis bagian yang diblok akan memiliki highlight. Pilihan warna highlight hanya ada 15.

Membuat highlight harus dilakukan setelah penulisan teks selesai. Tidak bisa menggunakan highlight pada pengaturan sebelum teks ditulis. Berbeda dengan Font Color yang bisa disetting sebelum mulai menulis. Untuk menghilangkan efek highlight klik pada No Color, maka tampilan akan kembali polos tanpa warna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *