Tutorial Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, dan Pembagian dalam Ms Excell

By | Desember 21, 2020

Microsoft Excell adalah aplikasi paling penting dan selalu digunakan dalam pencatatan serta pengolahan data. Berbagai bidang mulai dari pendidikan, statistik, akuntansi, perdagangan dan sebagainya membutuhkan Ms Excell. Sehingga pekerjaan yang berhubungan dengan penghitungan angka menjadi lebih mudah dan cepat terselesaikan.

Penggunaan Microsoft Excell sangat luas mulai dari organisasi, pelajar, mahasiswa, masyarakat umum, professional dan sebagainya. Setiap bidang pekerjaan membutuhkan perhitungan yang akurat serta data dalam bentuk grafis. Pekerjaan jadi lebih mudah dengan jaminan perhitungan yang tepat dengan bantuan Ms Excell.

Rumus yang paling banyak digunakan dalam pekerjaan sehari-hari adalah penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Perhitungan ini bisa dilakukan secara manual, namun untuk data dalam jumlah banyak akan lebih praktis dengan bantuan Ms Excell. Berikut tutorial penjumlahan pengurangan perkalian dan pembagian.

Tutorial Penjumlahan dan Pengurangan

Penjumlahan dan pengurangan adalah perhitungan umum dan selalu digunakan dalam pelajaran dasar maupun pekerjaan. Penjumlahan dalam Microsoft Excell bisa menggunakan 2 fungsi yaitu operator + (plus) dan fungsi sum. Masing-masing fungsi memiliki kelebihan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan. Pekerjaan sederhana bisa menggunakan operator plus.

Dari gambar di atas, penjumlahan menggunakan operator plus (lihat fx= A1+B1). Kolom pada A1 dijumlahkan dengan B1 didapat hasil pada kolom C1. Begitu juga seterusnya pada kolom dibawahnya atau kolom yang letaknya acak. Caranya mudah dengan mengetik “=(klik)A1+(klik)B1” kemudian Enter. Seperti gambar di bawah ini.

Rumus penjumlahan Ms Excell menggunakan operator plus ini sangat mudah bagi pemula. Seperti menggunakan alat bantu penjumlahan kalkulator, sangat mudah diingat. Namun jika data yang dijumlahkan sangat banyak misalnya mulai dari A1 sampai A200, maka akan menyita waktu.

Gambar di atas adalah penjumlahan menggunakan fungsi sum. Contoh kali ini penjumlahan 5 baris sekaligus mulai dari A1 sampai A5. Caranya lebih singkat dibanding harus mengetik plus (+) berulang kali. Yaitu dengan mengetik “=sum(drag dari A1 sampai A5) kemudian Enter. Hasilnya seperti di bawah ini.

Untuk mengurangkan data pada Ms Excell tidak ada formula khusus karena umumnya hanya sedikit data yang menggunakan pengurangan. Dalam pengurangan digunakan operator minus (-). Contoh mengurangkan data di kolom A1 dan B1, maka cukup ketik “=A1-B1” pada C1 kemudian Enter.

Tutorial Perkalian dan Pembagian

Perkalian dalam Ms Excell bisa diperoleh dari fungsi product dan operator asterisk (*). Jadi berbeda dengan penggunaan alat bantu kalkulator yang menggunakan tanda kali (x) untuk perkalian. Contoh perkalian data kolom atau cell A1 dengan B1, maka caranya adalah ketik “=product(A1:B1)” pada C1 lalu Enter.

Gambar di atas menunjukkan bahwa perkalian menggunakan formula (fx) product(A1:B1). Fungsi ini sangat mudah dan praktis jika digunakan untuk perkalian data dalam jumlah banyak. Tetapi menggunakan fungsi asterisk (*) lebih mudah diingat khususnya bagi pemula. Untuk mengalikan data dalam jumlah terbatas lebih praktis. Seperti contoh:

Penggunaan operator asterisk bisa berulang. Caranya sama dengan mengetik “=kolom 1*kolom2*kolom 3 dan seterusnya” kemudian diakhiri dengan Enter. Jika ingin mengoreksi kolom tertentu bisa dilihat dalam formula bar. Mudah untuk dirunut dan diedit dengan mengklik kolom yang benar.

Pembagian dalam Ms Excell menggunakan operator slash (/). Berbeda dengan kalkulator yang menggunakan tanda bagi (÷) dan dikenal secara umum. Cara pembagian menggunakan Ms Excell sangat praktis cukup memilih data pada kolom yang ingin dibagi kemudian ketik “/” klik kolom selanjutnya sebagai pembagi, atau angka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *