Tutorial Menggunakan Microsoft Excel Dengan Mudah

By | April 6, 2020
Tutoraial Menggunakan Microsoft Excel
Tutoraial Menggunakan Microsoft Excel

Mediknas.com | Selain Microsoft Word, Microsoft Excel merupakan salah satu program aplikasi Microsoft yang paling umum digunakan pada berbagai bidang pekerjaan. Sifatnya yang akurat, mudah, dan cepat membuatnya tak tergantikan khususnya dalam hal mengolah data. Jika pada saat ini anda belum menguasai Microsoft Excel pastinya anda akan sulit mencari pekerjaan kantoran, karena setiap perusahaan atau kantor pemerintahan mewajibkan seluruh pegawainya menguasai Microsoft Excel. Belajar Microsoft Excel tidak lah sulit. Pada artikel kali ini kami akan menerangkan tentang tutorial menggunakan Microsoft Excel. 

Kenali Lembar Kerja Microsoft Excel

Lembar kerja Microsoft Excel berbeda dengan lembar kerja pada Microsoft Word. Jika pada Word anda akan diberikan lembar kerja berupa kertas kosong, pada Microsoft Excel lembar kerja anda berisi tabel. Pada tabel tersebut terdapat banyak kotak yang disebut sebagai sel atau Cell. Untuk baris nya kesamping akan ditandai dengan huruf A sampai Z, dan untuk kolomnya ke bawah ditandai dengan angka 1 sampai tak terhingga. Kotak pertama pada Excel adalah kotak A1, di samping A1 adalah B1, dan di bawah A1 disebut A2. Anda harus terbiasa dengan nama setiap sel tersebut. untuk memahami tutorial menggunakan Microsoft Excel, tentunya Anda harus tau terlebih dahulu.

Tutorial Menggunakan Microsoft Excel

Agar dapat melakukan perhitungan dengan cermat pada Microsoft Excel, anda harus menggunakan rumusnya. Hal yang paling penting anda terapkan pada Microsoft Excel, adalah setiap rumus harus diawali dengan tanda ‘=’. Karena tanda ‘=’ lah yang menunjukkan anda mengaktifkan satu rumus pada Microsoft Excel. Jadi selalu gunakan tanda sama dengan setiap kali anda menggunakan rumus pada Microsoft Excel.

Rumus Dasar Microsoft Excel

Untuk menguasai Microsoft Excel, setidaknya terdapat beberapa rumus dasar yang wajib anda hafal pada Microsoft Excel. Rumus rumus tersebut, diantaranya sebagai berikut. 

  • SUM         : Rumus SUM digunakan untuk menjumlahkan data yang bersifat angka pada Microsoft Excel. Jika anda ingin melakukan pengurangan pada Microsoft Excel, anda dapat menggunakan tanda minus “-“ pada angka tersebut, dan rumusnya tetap menggunakan SUM. Contoh penggunaannya “ =SUMB3+C5 
  • PRODUCT    : Rumus PRODUCT digunakan untuk melakukan perkalian angka pada Microsoft Excel.  Contoh penggunaannya “ = PRODUCT B3*C5
  • AVERAGE    : Rumus AVERAGE digunakan untuk menghitung nilai rata rata dari sejumlah data yang berada di baris atau kolom yang sama pada Microsoft Excel. Contoh penggunaannya “=AVERAGE(E3:E9)
  • MAX        : Rumus MAX digunakan untuk mengetahui nilai tertinggi atau nilai terbesar dari kumpulan data atau pada suatu tabel di Microsoft Excel. Contoh penggunaannya: “=MAX(B3:G10)
  • MIN        : Rumus MIN digunakan untuk mengetahui nilai terendah atau terkecil dari kumpulan data atau pada suatu tabel di Microsoft Excel. Contoh penggunaannya: “=MIN(B3:G10) . Itu lah beberapa rumus dalam Microsoft Excel yang perlu anda kuasai sebagai dasarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *