Tutorial Membuat Power Point yang Menarik

By | Maret 7, 2020
Tutorial membuat power point
Tutorial membuat power point

Mediknas | Apakah Anda sedang mencari tutorial membuat Power Point yang menarik? Anda telah datang ke tempat yang tepat. Dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan arahan atau cara buat Power Point yang menarik. Seperti yang kita semua ketahui, PowerPoint atau biasa yang disebut dengan PPT, sering digunakan untuk mempresentasikan tugas sekolah, projek, ataupun laporan kerja.

Terkadang, ketika PowerPoint terlalu biasa, audience Anda akan merasa cepat bosan dan cenderung untuk tidak memperhatikan apa yang Anda presentasikan. Mungkin, nasihat yang sering Anda dengar mengenai membuat PowerPoint adalah bahwa sebisa mungkin Anda tidak mengisi slide PowerPoint Anda dengan tulisan yang terlalu penuh. Justru, yang harus Anda lakukan adalah mengisi slide dengan berbagai gambar serta data pendukung. 

Lalu, bagaimana cara untuk membuat presentasi yang dapat menarik perhatian? Mari kita simak cara-caranya berikut ini.

Layout

Hal pertama dalam tutorial membuat Power Point yang menarik adalah dengan memperhatikan layout yang akan digunakan dalam slide PowerPoint. Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, melakukan presentasi dengan layout yang terlalu sederhana atau biasa cenderung membosankan. Untuk itulah, Anda dapat mengganti layout slide PowerPoint Anda dengan gambar atau teks yang tentunya harus berhubungan dengan isi presentasi Anda.

Slide

Hal kedua yang perlu Anda perhatikan adalah slide PowerPoint Anda. Slide yang Anda buat haruslah dapat menarik audience Anda dan mengandung atau berisi pesan atau poin yang ingin Anda sampaikan, terutama pada slide pembuka. Dalam slide pembuka ini, Anda dapat mencontoh cover yang terdapat pada majalah agar lebih menarik.

Dalam pembuatan slide PowerPoint, yang terpenting adalah bagaimana Anda dapat menyampaikan satu ide atau poin utama dalam satu slide. Warna dan font tulisan juga harus Anda perhatikan agar tidak bertabrakan dengan tema yang Anda gunakan.

Tampilan atau Visualisasi

Jika Anda ingin lebih menarik perhatian audience Anda, Anda dapat menggunakan gambar. Faktanya, orang-orang cenderung lebih senang dan mudah untuk mengingat gambar daripada membaca tulisan. Perlu diingat bahwa bukan berarti slide presentasi Anda hanya berisikan gambar-gambar saja, Anda juga dapat memasukkan sedikit kata pendukung agar audience Anda lebih mudah memahami apa isi presentasi Anda.

Alur

Yang terakhir adalah mengatur alur slide yang akan Anda presentasikan. Anda harus mengatur segalanya agar terlihat berkesinambungan antara satu slide dengan slide yang lainnya. Tidak lupa, hal itu dilakukan agar presentasi Anda memiliki alur yang jelas dan teratur agar lebih mudah untuk dipahami. Tidak hanya dalam slide penjelasan, namun Anda harus mengatur alur slide presentasi Anda mulai dari slide pembuka hingga slide penutup.

Itulah hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam tutorial membuat PowerPoint. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *