Tertarik Menambang Bitcoin? Cari Tahu Harga CPU Core i3 Sekarang

By | Juli 10, 2021

Salah satu perangkat yang dibutuhkan sebagai kunci pengoperasian komputer adalah CPU. Nah, sebenarnya apa itu CPU? Ketahui pengertian CPU hingga harga cpu core i3 yang bisa anda dapatkan dengan mudah di pasaran.

Central Processing Unit merupakan sebuah otak dalam komputer yang bertujuan untuk melakukan keseluruhan kinerja dalam sebuah komputer. Nah, saat ini sedang ramai dibicarakan tentang mining bitcoin yang pastinya membutuhkan peralatan yang memadai.

Mining Bitcoin

Konsep menambang bitcoin merupakan langkah yang dilakukan untuk mengambil bitcoin melalui blockchain  yang tersedia. Sebenarnya cryptocurrency memang tidak semudah itu dilakukan karena membutuhkan perangkat yang memadai dalam penggunaannya.

Proses mining bitcoin merupakan jenis proses yang memungkinkan anda bisa memiliki bitcoin tanpa harus membelinya dengan uang. Jadi, miners atau sebutan bagi para penambang bitcoin akan mendapatkan bitcoin setelah ada “block” yang sudah selesai ditransaksikan.

Cara Menjadi Miners

Saat ini memiliki bitcoin memang sangat menjanjikan karena harganya yang meningkat dari waktu ke waktu. Namun, ada beberapa hal yang harus anda persiapkan jika anda ingin menjadi miners. Mulai hal yang paling umum yakni CPU, GPU, FPGA, dan ASIC. Mari, kita bahas satu per satu.

CPU atau Central Processing unit merupakan sebuah unit processing pusat. Jika anda ingin menjadi miners maka anda harus memiliki sebuah CPU yang mumpuni. Tak heran saat ini harga cpu core i3 mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Meskipun masih banyak orang yang mencari harga CPU core i3 bekas namun ternyata saat ini ada teknologi yang lebih maju yakni GPU atau Graphics Processing Unit. Berbeda dengan CPU, GPU memiliki kinerja yang jauh lebih cepat saat menyelesaikan masalah komputer. Nah, jika anda ingin melakukan penambangan bitcoin tentu menggunakan GPU akan lebih disarankan karena tahap processing lebih cepat dan pastinya anda akan mendapatkan bitcoin lebih banyak.

Core i3

Pertama yang akan kita bahas yakni intel core i3. Jenis ini merupakan prosesor yang sudah mengintegrasikan GPU atau Graphics Processing Units. Banyak juga pengamat komputer yang menyebutkan bahwa Core i3 mirip dengan chipset GMA G45. Selain itu, prosesor ini menggunakan inti processor dengan ukuran 32 nm serta memiliki kode produk ARRANDALE.

Jika anda bertanya apakah processor i3 bagus? Jika dibandingkan dengan DualCore sebenarnya lebih mumpuni DualCore LGA 775. Hal ini dipengaruhi keberadaan Cache yang belum dimiliki oleh Core i3. Jadi, jika anda ingin menggunakannya sebagai overclock tentu kurang direkomendasikan. Namun, jika anda menggunakannya untuk kebutuhan sehari. Processor ini dikenal sudah cukup mumpuni. Harga cpu core i3 ram 4 gb saat ini bisa didapatkan mulai 1.4 juta saja.

Core i5

Jenis kedua yang akan kita bahas adalah Processor Core i5 atau generasi lanjutan dari Core i3. Nah, yang menjadi kelebihan dari processor ini adalah sudah disisipkannya Chipset Northbridge yang memiliki nama lain Motherboard. Kelebihan dari chipset tersebut adalah sudah terintegrasi dengan Tripe Graphics Card serta sudah menggunakan Clarksfield Launcher. Fungsi dari Clarksfield ini biasanya lebih digunakan pada pemakaian mobile notebook. Untuk penggunaan socketnya pun hanya membutuhkan daya yang jauh lebih kecil yakni 45 sampai 55 watt saja. Meskipun core i5 memiliki banyak kelebihan tentu juga tidak jauh dari kekurangan yakni tidak semua komputer yang dilengkapi dengan core i5 memiliki kemampuan hyper-threading.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *