Tutorial Membuat Simbol Centang pada Excel, Word, dan PowerPoint

By | September 11, 2020

Sebagai salah satu aplikasi pengolah kata, tidak dapat dipungkiri bila Microsoft mempunyai banyak sekali fitur yang dapat digunakan untuk apa saja. Salah satunya bisa digunakan untuk membuat simbol berbentuk ceklis (centang). Ceklis ini biasanya berupa tanda centang hitam dan umumnya dimanfaatkan untuk simbol dengan fungsi bermacam-macam.

Cara membuat simbol centang pada Excel, Word, dan PPT itu mudah! Karena ketiganya memiliki cara yang tidak jauh berbeda. Anda bisa membuatnya langsung tanpa bantuan aplikasi pendukung khusus. Karena memang didalamnya sudah disediakan langsung oleh Microsoft. Di bawah ini adalah beberapa cara untuk membuat tanda centang, antara lain:

Cara Membuat Simbol Centang Menggunakan Menu Insert

Untuk cara yang satu ini bisa dipakai pada semua seri Ms Excel, Word, dan PPT. Entah itu untuk seri 2003, 2010, 2007, dan 2013. Karena pada setiap menu seri tersebut sudah ada menu insert nya masing-masing. Namun untuk contohnya kali ini akan kami berikan cara membuat simbol centang pada file Word, antara lain:

Buat dokumen barunya dulu, lalu arahkan kursornya menuju menu Insert.

Sehingga fitur khususnya akan muncul. Langsung pilih menu Symbol di bagian kanan sub menu.

Setelah itu pilih More Symbol dan ubah fontnya menjadi Wingdings. Kemudian geserlah sampai ada tanda centang hitam di bawah daftar.

Pilih tanda centang dan insert. Sehingga tanda tersebut langsung muncul pada dokumen baru Anda. Atau bila tidak ada menu symbol centang, ketik saja character code 252, lalu Insert.

Cara Membuat Simbol Centang Menggunakan Menu Font 

Untuk metode yang satu ini bisa diaplikasikan pada semua dokumen Word, Excel, PPT, dan Email Outlook. Untuk langkah-langkahnya sangat mudah! Berikut ini adalah panduan untuk membuat tanda checklist pada Ms Word, Excel, email Outlook, dan PPT menggunakan menu Font, antara lain:

Langsung saja ketik huruf “a” (kecil). Pilih huruf itu dan ubah fontnya menjadi Webdings/ Marlett. Anda bisa menemukannya pada tab Home, lebih tepatnya di bagian menu font group.

Selain menggunakan cara tersebut, Anda juga bisa langsung mengetikkan huruf “P” (besar). Atau bisa juga mengetik SHIFT + P. Pilihlah huruf yang mau ditambahkan simbol dan ubahlah fontnya menjadi Windings 2. 

Jika Anda ingin membuat tanda checklist di dalam kotak, sebaiknya ketik “R” (huruf besar) atau SHIFT + R.

Tips:

Ketika memakai font Marlett pada menu file Word dan PPT, biasanya akan muncul kotak tanda centang di sampingnya. Untuk menghilangkannya, langsung saja pilih kotak itu dan ubahlah menjadi font lainnya. Misalnya menjadi Calibri, Comics Sans, atau Arial.

Jika ketika menekan tombol Enter atau TAB kemudian simbol centangnya menjadi karakter lainnya, sebaiknya tekan CTRL + Z. Sehingga karakternya berubah menjadi simbol centang kembali.

Cara Membuat Simbol Centang Menggunakan Shortcut

Untuk cara yang satu ini hanya bisa diaplikasikan pada Microsoft Outlook dan Ms Word saja. Cara untuk melakukannya sangat mudah! Anda hanya perlu mengetik angkanya saja, misalnya saja mengetik angka 2714. Selanjutnya tekan tombol Alt + x. Sehingga dari sinilah angka tersebut akan berubah langsung menjadi ada checklistnya.

Nah itu tadi adalah 3 cara yang bisa digunakan untuk membuat simbol centang pada Ms Word, Excel, Outlook, dan PPT dengan mudah. Dengan menggunakan 3 cara di atas, tentunya hal ini akan membantu Anda membuat dokumen yang enak dilihat karena isinya menjadi terlihat lebih rapi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *