Fungsi Excel untuk Membuat Rumus Tanggal Otomatis

By | Februari 15, 2021

Tanggal, waktu adalah salah satu jenis data yang sering diinput dalam Ms Excel. Meski bisa ditulis sendiri manual dan diatur formatnya, tetapi tidak ada ruginya kita belajar fungsi yang berkaitan dengan itu. Kedepannya fungsi untuk mengatur tanggal akan berguna dalam perhitungan.

Kegunaan fungsi yang berkaitan dengan tanggal adalah dalam menghitung selisih. Misalnya menghitung tanggal expired, jatuh tempo, selisih waktu dan sebagainya. Ms Excel sudah menyediakan fungsi khusus yang berhubungan dengan pengisian, pengolahan dan tampilan informasi berupa tanggal, bulan serta tahun.

Fungsi Rumus tanggal Excel yang akan kita bahas disini adalah TODAY dan DATE. TODAY merupakan rumus Excel yang digunakan untuk menampilkan TANGGAL sekarang. DATE adalah rumus untuk mendapatkan format TANGGAL berdasarkan pengisian tanggal, bulan, tahun. Berikut cara menggunakannya.

Fungsi TODAY dalam Ms Excell

Fungsi TODAY menghasilkan seri tanggal sekarang, atau rumus tanggal hari ini. Sebenarnya untuk mendapatkan tanggal akurat atau real time bisa menggunakan fungsi NOW juga. Namun fungsi NOW dalam Ms Excell menghasilkan informasi tanggal dan waktu. Sedangkan TODAY hanya tanggal saja.

Tanggal serta waktu yang dihasilkan dari penggunaan fungsi NOW maupun TODAY akan mengalami pembaharuan setiap Worksheet melakukan perhitungan atau menjalankan macro berisi fungsi. Sehingga waktu dan tanggal berubah-ubah namun tidak secara terus-menerus. Cara menggunakan fungsi TODAY sangat mudah.

Sintaksis rumus tanggal adalah =TODAY(). Penulisan sintaksis sangat sederhana seperti itu. Fungsi ini tidak memiliki argument atau parameter apapun. Cukup menulis fungsi sesuai sintaksis tersebut. Jangan lupa mengawali dengan sama dengan (=) yang menunjukkan rumus Excell.

Selain menggunakan cara di atas bisa menggunakan shortcut Ctrl + ; untuk menginput tanggal sekarang di Ms Excell. Penulisan atau penggunaan pemisah untuk menambah tanggal disesuaikan dengan setting komputer masing-masing. Regional setting Indonesia umumnya menggunakan koma (,).

Contoh nomor 3 menunjukkan penambahan 2 hari dan 12 jam (2,5 hari) dari tanggal sekarang. Jika format tanggal pada nomor 1 diubah ke dalam waktu maka akan menunjukkan 00:00. Sehingga pada saat ditambah 2,5 hasilnya menjadi tanggal 2 hari setelah hari ini ditambah 12 jam.

Perlu diperhatikan, pada saat input fungsi Excell TODAY jika format sel adalah General maka akan dikonversi ke dalam format date atau tanggal secara otomatis. Jika ingin menampilkan nomor seri maka kita harus merubah kembali format sel ke dalam format number atau general.

Fungsi DATE Ms Excell

Seperti dijelaskan di atas bahwa fungsi DATE Ms Excell untuk menampilkan informasi nomor seri tanggal berdasarkan tanggal, bulan, tahun. cara penulisan fungsi DATE pada Ms Excell adalah =DATE(Tahun;Bulan;Tanggal). Dalam fungsi ini terdapat argument yang harus diperhatikan supaya tidak salah.

Tahun, informasi tahun yang akan ditampilkan berdasarkan tanggal. Bulan, bulan yang akan ditampilkan berdasarkan tanggal. Tanggal, informasi hari yang ingin dihasilkan berdasarkan format tanggal. Pada saat menggunakan fungsi DATE dalam Ms Excell, semua argument harus ditulis.

Penggunaan argument tahun dalam Ms Excell harus memperhatikan beberapa ketentuan. Jika tahun yang digunakan adalah 0 sampai 1899, maka hasilnya dalam Ms Excell akan ditambah 1900 (seperti contoh no. 4). Namun jika penggunaan tahun dari 1900-1999 akan menambah nilai tahun.

Jika memasukkan argument tahun dengan nilai kurang dari 0 atau minus maka hasilnya adalah berupa kesalahan #NUM!. Begitu juga ketika menuliskan argument tahun 10000 atau selebihnya, maka hasilnya dalam Ms Excell adalah salah atau tertulis #NUM!. Lihat contoh nomor 5 dan 6.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *