Cara Menggunakan Rumus Excel bagi Pemula (LENGKAP)

By | Februari 17, 2020
rumus excel
Belajar Rumus Excel

Mediknas.com | Microsoft Excel merupakan salah satu produk dari Microsoft seperti Microsoft Word, Microsoft Power Point namun terkhusus untuk pengolahan Data. Banyak sekali rumus Excel yang harus dipelajari karena memang agak rumit jika bagi pemula. Belajar Excel untuk pemula memang susah-susah gampang apalagi memang belum memiliki dasar apa pun mengenai Microsoft Excel.

Mahir menggunakan Microsoft Excel perlu memiliki jam terbang tinggi apalagi dengan improvisasi rumus-rumus pengolahan data. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bagi Anda yang masih sangat awam dengan Microsoft Excel bisa jago menggunakannya atau sekedar bisa menggunakannya untuk melakukan beberapa pengolahan data pada urusan tertentu.

Untuk itu Anda harus belajar dengan sungguh-sungguh agar bisa menaklukkan Microsoft Excel. Banyak Tutorial menggunakan Microsoft Excel yang harus dipelajari akan tetapi untuk pemula lebih baik mengerti beberapa hal yang menjadi dasar pengolahan Microsoft Excel terlebih dahulu. Mari kita simak berikut ini :

Tentang Microsoft Excel

Setelah melihat sedikit penjelasan di atas apakah Anda bisa Jelaskan pengertian Microsoft Excel itu? Ya, Seperti yang telah dijelaskan tadi bahwa Microsoft Excel ini terfokus pada pengolahan data. Untuk itu biasanya digunakan untuk melakukan pengolahan angka-angka yang sangat sulit jika dilakukan operasi manual sehingga bisa dipermudah dengan Microsoft Excel tetapi juga harus tahu rumus.

Namun sebelum masuk ke rumus Excel, lebih baik tahu tentang dasarnya terlebih dahulu yaitu : Anda akan menemukan angka 1,2,3,4 dan seterusnya untuk sel vertikal, dan A,B,C,D dan seterusnya untuk vertikal.

Mengenal Perhitungan Dasar

Pada perhitungan di Microsoft Excel ini Anda bisa menggunakan rumus atau bisa disebut fungsi. Dalam penggunaan fungsi ini Anda wajib memberikan tanda sama dengan (=) pada awalnya. Lalu Anda bisa menggunakan tanda (+) untuk menjumlahkan, tanda (–) untuk mengurangi, tanda (*) untuk rumus Cara perkalian di Microsoft Excel dan (/) untuk membagi.

Anda bisa menggunakannya dengan menambah (=) lalu klik pada kolom pertama yang akan Anda jumlahkan lalu berikan tanda operasi seperti (=,-,*,atau /) lalu klik pada kolom kedua yang akan dioperasikan. Misalnya, =(sama dengan)D10(kolom pertama yang akan dijumlahkan)+F10(kolom kedua yang akan Anda jumlahkan. Dan hasilnya akan muncul otomatis pada kolom yang isi fungsi

Perhitungan Manual

Untuk melakukan berbagai perhitungan secara manual, Anda perlu mengetahui beberapa istilah agar lebih mudah menggunakannya. Nah, istilah ini bisa Anda tuliskan di tempat sebelum memilih kolom untuk dilakukan operasi. Operasi ini digunakan untuk data yang banyak.

Istilah ini yaitu, SUM untuk Cara menjumlahkan dalam Excel, AVERAGE untuk mencari rata-rata, MAX untuk mencari nilai tertinggi, MIN untuk mencari nilai terendah,  (:) untuk sampai. Misalnya>> =AVERAGE(D1:D10)

Hitung Cepat (Fungsi Otomatis)

Jika tadi merupakan cara perhitungan manual, maka di dalam Microsoft Excel Anda juga bisa melakukannya dengan otomatis dengan menggunakan AUTOSUM, tombol ini berapa dapa tombol Home dan terdiri dari berbagai operasi tanpa harus mengetik ulang fungsi pada tabel yang menjadi hasilnya.

Cara menggunakannya mudah yaitu tinggal memilih salah satu jenis operasi setelah itu blok pada data yang akan dilakukan pengoperasian. SUM adalah Rumus Excel menghitung jumlah data, AVERAGE untuk Rumus rata-rata pada Excel, MAX untuk nilai maksimal, MIN untuk nilai terendah, COUNT NUMBER untuk mencari jumlah data yang dioperasikan.

Otomatis Data Sederhana

Apakah Anda merasa bahwa melakukan penomoran itu sangat membuang-buang waktu ? Nah, untuk di Microsoft Excel, Anda tidak perlu menuliskan penomoran secara manual sehingga hanya perlu melakukan drag pada samping kanan bawah tabel dan nomor akan tertulis secara otomatis dan berurutan, syaratnya tulis dua angka yang berurutan terlebih dahulu lalu blok 2 tabel tersebut dan drag ke bawah. Hal ini juga bisa Anda gunakan untuk membuat rumus sehingga Anda tidak perlu menuliskan rumus yang sama berulang ulang untuk tabel berbeda.

Melakukan Format Angka

Pada Microsoft Excel, Anda bisa melakukan pemformatan Angka dengan mudah. Anda bisa melakukan format Angka pada bagian Home di tombol gulir General. Anda bisa menggunakan CURRENCY maka otomatis data yang pada tabel menjadi rupiah, Apabila menggunakan PERCENTAGE maka akan menjadi bentuk persen, jika FRACTION maka akan berbentuk pecahan.

Tidak hanya itu saja, Anda bisa menggunakan format tanggal yang disediakan baik dalam format pendek atau dengan format yang panjang dengan DATE. Selain itu juga bisa memasukkan waktu dengan mudah dengan TIME.

Membuat Tabel dan Editannya

Walaupun dalam Microsoft Excel sudah menampilkan banyak tabel akan tetapi pasti tidak sesuai bukan dengan tabel yang Anda harapkan. Oleh karena itu Anda juga bisa membuat tabel yaitu dengan menu Insert > tabel dan tentukan berapa sel dan kolom yang Akan Anda gunakan.

Setelah itu Anda bisa menggabungkan beberapa tabel dengan format “merge cell”, untuk melebarkan sel Anda maka tinggal sentuh pada garis dan geser ke kanan, untuk mengecilkan ke kiri, begitu juga mengubah besarnya bisa ke bawah dan ke atas.

Melakukan Format Tabel

Anda bisa menggunakan format tabel untuk melakukan perubahan pada data Anda di dalam tabel. Untuk membuat data Anda rata kiri bisa menggunakan ”Alignment Left” rata kiri dengan “Align Right” dan untuk data di tengah bisa menggunakan “center

Akan tetapi dalam tabel ini terkadang memiliki bentuk yang besar sehingga Anda bisa mengaturnya pada tombol “Top Align” untuk membuat data ke posisi atas, “Middle Align” untuk membuat data menumpul pada tengah tabel, dan “Bottom Align” untuk mengumpulkan data di bawah bagian tabel.

Membuat Grafik

Setelah Anda membuat data, selanjutnya bisa menggunakan grafik untuk membuat data Anda mudah dibaca. Caranya Adalah pilih data yang akan dibuat grafik. Anda bisa memilih dua baris kolom atau lebih untuk dibuat grafik. Setelah itu klik Insert > Charts setelah itu pilih yang menurut Anda pas dengan keinginan Anda.

Ada charts yang menampilkan bentuk batang, bentuk lingkaran, bentuk garis, dan masih banyak lagi yang lain sehingga Anda bisa berkreasi dengan mudah dalam membuat data Anda jadi mudah dipahami oleh banyak orang.

Fungsi Tambahan

Ada Fungsi tambahan yang bisa dilakukan sebagai Cara menghitung di Microsoft Excel agar lebih mudah yaitu fungsi IF, VLOOKUP, dan HLOOKUP. Fungsi IF digunakan untuk menyeleksi salah/benar atau biasa digunakan untuk lulus/tidak lulus. Cara menggunakan If di Excel yaitu dengan > =IF(C4>75;”LULUS”;”TIDAK LULUS”), atinya jika kolom C4 nilainya lebih dari 75 maka dinyatakan lulus.

Sedangkan Rumus vlookup dalam Excel digunakan untuk mencari data pada kolom (vertikal) dan rumus HLOOKUP untuk data memanjang (horizontal).  Rumusnya VLOOKUP yaitu =VLOOKUP(nilai_kunci,tabel_data,nomor_kolom,tipe_data) dan HLOOKUP yaitu =HLOOKUP(nilai_kunci,tabel_data,nomor_baris,tipe_data). Dengan ini Anda bisa mengoperasikan banyak rumus Excel dengan mudah.

Nah, bagaimana pendapat Anda ketika ingin belajar menguasai Microsoft Excel?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *