Panduan Redirect HTTP menjadi HTTPS pada Website

By | April 6, 2021

Salah satu cara untuk membuat data web yang dikirim dari server ke receiver aman adalah dengan cara redirect HTTP menuju HTTPS. Selain harus memakai sertifikat SSL, Anda bisa menggunakan cara di bawah ini lewat cPanel atau plugin untuk mengubah url web supaya lebih aman dan lancar.

Cara Redirect HTTP menjadi HTTPS

Huruf “s” yang digunakan pada HTTPS ini singkatan dari kata secure yang artinya adalah aman. Itulah kenapa HTTPS dibutuhkan untuk memberikan jaminan bahwa setiap kegiatan transfer data yang dilakukan pada web menjadi lebih aman. Dalam hal ini ada 2 cara untuk mengubah HTTP menjadi HTTPS, yaitu lewat .htaccess dari cPanel atau bisa juga menggunakan bantuan dari plugin WordPress.

Cara Mengubah HTTP ke HTTPS Lewat .htaccess

.htaccess merupakan file multifungsi web yang bisa digunakan untuk memblokir alamat IP, melindungi password, dan juga mengubah HTTP menjadi HTTPS. Di bawah ini adalah cara mengubah HTTP menjadi HTTPS menggunakan .htaccess, antara lain:

1. Untuk menggunakan cara ini, pastikan sudah punya akses cPanel dulu. Jadi lewat dashboard cPanel ini pilih menu manager pada section files.

2. Pilih public_html. Di bagian kanan .htaccess pilih menu edit. Ketika ada popup muncul, pilih edit. Namun bila popup tidak muncul, cari saja pada menu settings dan centang menu “Show Hidden Files (dotfiles)”.

cara memasang sertifikat ssl di cpanel https 2

2. Salin kode di bawah ini dan tempel pada halaman HTML web Anda. 

cara memasang sertifikat ssl di cpanel https 3

3. Bila sudah, klik save changes untuk redirect HTTP menuju HTTPS menggunakan cPanel.

Cara Mengubah HTTP ke HTTPS Menggunakan plugin

Untuk cara ini Anda membutuhkan CMS wordpress dan harus memiliki akses sebagai administrator. Kemudian login menuju dashboard wordpress admin dan lakukan cara di bawah ini:

1. Pada dashboard WP admin, pilih menu plugins pada menu bar dan klik “Add New”.

cara memasang sertifikat ssl di cpanel https 4

2. Pilih kolom search dan ketik ssl sehingga muncul beberapa plugin. Silahkan pilih plugin yang dibutuhkan, namun kali ini kami akan mencoba memilih “Really Simple SSL”. Kemudian pilih install now dan activate.

cara memasang sertifikat ssl di cpanel https 5

3. Setelah berhasil, Anda akan diarahkan ke dashboard dan muncul notifikasi Really Simple SSL untuk mengaktifkan pluginnya. Pilih go ahead untuk mengaktifkannya.

cara memasang sertifikat ssl di cpanel https 6

4. Finish! Sekarang web sudah berubah menjadi HTTPS. Jadi keamanan data web lebih aman dan peringkatnya bisa meningkat di mata Google.

cara memasang sertifikat ssl di cpanel https 7

Tips:

Bila Anda tidak mempunyai masalah saat mengubah HTTP menuju HTTPS memakai .htaccess, maka tidak perlu memakai plugin. Karena bila terlalu banyak memakai plugin bisa menyebabkan masalah pada keamanan data dan merusak web (menyebabkan error pada website).

Cara Mengubah HTTP ke HTTPS Menggunakan Sertifikat SSL

Selain menggunakan kedua cara di atas, Anda juga bisa memakai sertifikat SSL. Yaitu sertifikat keamanan pada koneksi web yang dapat diinstal langsung lewat cPanel hosting. Dengan menggunakan cara ini maka otomatis url web HTTP akan berubah menjadi HTTPS tanpa repot lagi. Karena prosesnya dilakukan secara otomatis ketika Anda menginstalnya dari cPanel hosting pertama kalinya secara langsung.

Sebelum menginstal aplikasi apapun pada website, redirect HTTP menuju https itu penting sekali! Hal tersebut perlu dilakukan untuk membuat data lebih aman dan pertukaran datanya lebih lancar sesudahnya. Disamping itu, url web menggunakan https itu bisa membuat peringkat web meningkat pada search engine. Karena salah satu cara untuk meningkatkan ranking dilihat dari keamanan webnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *