Pilih Mana Membuat PC Gaming Rakitan Murah Atau Beli Jadi?

By | Juli 8, 2021

Merakit sendiri PC akan lebih menguntungkan mengingat harga PC gaming rakitan cukup mahal. Untuk harga bekasnya saja bisa mencapai 5 jutaan rupiah tergantung dari spesifikasi serta kelas PC. Berikut ini adalah tutorial cara merakit PC untuk gaming.

Kenali Komponen Lebih Dulu

Bagi Anda yang tidak memiliki kemampuan lebih untuk merakit sendiri PC gaming Anda maka sebaiknya beli saja PC Gaming rakitan murah yang low-end saja. PC low-end meski kurang sempurna namun bisa digunakan untuk pemula dan anak remaja. Namun untuk Anda yang ingin PC gaming dengan spesifikasi tinggi dan harga murah maka mau tak mau harus merakit sendiri.

PC Gaming rakitan murah jika diisi dengan komponen yang mumpuni tentu akan menjadi sekelas PC gaming mahal. Komponen seperti motherboard, processor dan RAM harus dibuat dengan sebaik mungkin. Sebelum mulai merakitnya tentukan dulu seperti apa PC Gaming yang akan Anda buat.

Processor dan RAM sebaiknya pilih yang kapasitasnya besar. Karena akan mempengaruhi performa dari PC nantinya. Jangan lupa menyertakan komponen penting lainnya seperti VGA, CD Room, Hardisk dan layar monitor. Langkah pertama tentu rakit dulu komponen untuk CPU.

Langkah awal tentu memasang processor pada motherboard. Processor ini ibarata otak dalam CPU jadi harus benar-benar dipilih yang terbaik. Setelahnya pasang kipas processor dan cocokan dengan lubang yang ada pada motherboard.

Dilanjutkan dengan memasang RAM namun sesuaikan kapasitas RAM dengan kemampuan processor. Memasang RAM besar dengan kemampuan processor rendah tentu akan menimbulkan masalah lainnya. Selanjutnya adalah merakit CPU seperti biasa dengan menyambungkan kabel dengan instruksi pada manual

Beli PC Gaming Atau Rakit Sendiri

Merakit PC gaming sendiri tentu memberikan keuntungan. Karena dia lagi sendiri menggunakan komponen yang terpisah maka tidak ada kendala pada salah satu komponen Anda bisa langsung meminta garansi atau penggantian terhadap komponen tersebut.

Merakit sendiri PC gaming juga lebih menguntungkan karena anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan anda. Anda juga bisa dengan mudah melakukan upgrade pada PC rakitan anda. Selain itu bila ada salah satu komponen yang rusak Anda bisa mencari penggantinya dengan mudah karena biasanya besi rakitan menggunakan komponen yang dijual di pasaran dengan bebas.

Meski demikian merakit PC gaming sendiri juga memiliki kekurangan. Meski banyak tutorial atau cara untuk merakit PC gaming sendiri namun tidak bisa semua orang mengikutinya. Hanya mereka yang ahli dalam bidang ini atau mengerti dan paham dengan betul yang bisa mengikuti tutorial yang diberikan. Bagi Anda yang berprofesi atau bergelut dalam bidang gaming untuk merakit PC sendiri akan lebih baik.

Meski terdapat instruksi atau manual pada setiap komponen yang dibeli namun memilih komponen yang sesuai tidaklah mudah. Oleh sebab itu Beli PC gaming rakitan lebih disarankan bagi mereka yang tidak terlalu memahami tentang komponen-komponen dalam sebuah CPU.

Karena PC gaming sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat terutama anak muda, ini banyak juga orang yang menjual PC gaming rakitan murah. Mulai dari yang murah hingga PC gaming untuk kelas profesional juga bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau.

Anda bisa melakukan pengecekan harga PC gaming rakitan pada marketplace. Mulai dari 5 juta saja Anda sudah bisa mendapatkan sebuah PC gaming yang bisa digunakan untuk sehari-hari. PC gaming rakitan murah ini cocok bagi pemula khususnya remaja dan siswa sekolah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *