Perbaiki Dead Pixel dengan Menggunakan Pixel Repairer

By | Februari 22, 2021

Perbaiki Dead Pixel dengan Menggunakan Pixel Repairer– Pemanfaatan laptop maupun komputer di aktifitas sehari-hari bukanlah hal yang aneh lagi. Walaupun penggunaan smartphone dapat difungsikan dalam banyak hal yang berhubungan dengan data digital.

Namun laptop masih sangatlah diperlukan dalam banyak hal, seperti sebagai alat bantu untuk menyelesaikan tugas sekolah maupun pekerjaan kantor misalnya.

Dead Pixel
Dead Pixel

Laptop adalah seperangkat mesin yang pastinya memerlukan perawatan supaya dapat bekerja dengan baik dan maksimal. Tapi sekalipun Anda  sudah melakukan perawatan dengan sangat baik.

Laptop juga dapat mengalami kerusakan ataupun masalah yang pastinya hal tersebut dapat sangat mengganggu. Salah satu masalah yang mungkin akan Anda temui yaitu kerusakan pada layar monitor laptop ataupun komputer Anda.

Ciri ciri layar laptop mengalami masalah dapat Anda lihat dari munculnya layar bergaris, blue screen, atau hitam dan gelap. Sehingga layar tidak menampilkan gambar apapun walaupun mesin laptop tengah hidup.

Pada Informasi terkini kami akan ulas secara singkat cara mengatasi layar laptop yang muncul garis dengan pixel repairer. Umumnya ada dua jenis garis yang muncul pada layar komputer maupun laptop yang bergaris.

Garis yang biasa muncul yaitu berupa garis lurus dan memanjang secara tegak. Garis ini berwarna putih dan hitam namun tidak bergerak. Garis ini biasanya muncul diakibatkan oleh kerusakan ataupun masalah yang muncul pada panel screen LCD.

Garis jenis kedua yaitu garis berbentuk gelombang yang mendatar dan memanjang, dan garis ini bergerak naik turun serupa garis kecil berjumlah banyak yang muncul secara acak.

Gangguan garis dengan ciri ini dapat terjadi karena kerusakan pada kabel panel VGA, LCD, RAM, maupun hardware lainnya yang berpengaruh pada LCD. Berikut adalah metode yang bisa Anda lakukan dalam menangani kerusakan tersebut, antara lain yaitu:

Bagaimana Cara Mengatasi Dead Pixel?

Gunakan Pixel Repairer

Salah satu masalah yang muncul pada panel screen LCD yang muncul garis lurus hitam atau putih serta tidak bergerak dapat diakibatkan karena dead pixel. Dead pixel itu sendiri dapat terjadi disebabkan adanya cacat bawaan pada panel screen dari sejak laptop ataupun komputer dibeli.

Hal lain juga dapat disebabkan karena tekanan atau benturan pada layar yang terlalu keras dan juga terlalu sering.  Pixel Repairel adalah software yang digunakan sebagai pendeteksi adanya dead pixel bagi Anda para pengguna Windows.

Selain software ini memiliki kegunaan untuk mendeteksi dead pixel. Software ini juga dapat dipakai untuk proses perbaikan pada layar yang bergaris tersebut. Sehingga Anda tidak harus repot membongkar layar untuk sekedar memperbaikinya. Cara deteksi dead pixel memakai Pixel Repairer:

  • Langkah pertama Anda download serta Install terlebih dahulu software tersebut. Setelah terdownload Anda selanjutnya operasikan software Pixel Repairer di komputer Anda.
  • Ditahap ini akan muncul kotak dialog Pixel R, Anda pilih Patern yang diinginkan. Kami rekomendasikan pada Anda untuk memilih patern hitam dan putih.
  • Setelah Anda pilih patern, selanjutnya Anda klik Enable agar yang telah Anda pilih tersebut teraplikasi.
  • Kemudian Anda lihat layar pada laptop, jika patern yang Anda pilih adalah patern hitam, dan dari layar Anda melihat keseluruhan berwarna hitam, maka itu artinya layar laptop atau komputer Anda dalam keadaan baik-baik saja. Akan tetapi jika Anda mendapati adanya titik putih atau warna-warna lain yang muncul di layar hitam tersebut, maka itu artinya dilayar Anda memang terdapat dead pixel.
  • Setelah terdeteksi ada atau tidaknya kemudian Anda pilih Esc untuk keluar.

Cara perbaiki dead pixel memakai Pixel Repairer :

  • Pertama buka program Pixel Repairer
  • Pilih Repair
  • Kemudian Anda pilih Add agar bisa menambahkan dan mengatur area perbaikan.
  • Anda drag kotak repairer ke lokasi dead pixel.
  • Berikutnya yaitu pakai salah satu mode konfigurasi repairer, seperti misalnya solid. Jika itu tidak berhasil, Anda bisa gunakan mode noise.
  • Setelah itu Anda pilih size yang dapat mencakup area dead pixel yang ditemukan.
  • Atur frekuensi ke 60 hz
  • Berikutnya Anda pilih add untuk memperluas area repairer yang lain, itu jika ternyata terdapat lebih dari satu dead pixel pada layar laptop Anda. Kemudian lterapkan langkah sama seperti poin ke empat sampai poin ke tujuh seperti diatas.

Setelah tahapan Anda lakukan semua, selanjutnya sofware akan mulai melakukan perbaikan secara otomatis, tunggulah beberapa saat hingga proses selesai dilakukan. Software Pixel Repairer ini berukuran cukup ringan, sehingga tidak akan membuat kinerja laptop jadi terbebani karena terlalu berat.

Anda bisa mengoperasikan program lain selama proses perbaikan pixel repairer berlangsung. Sehingga Anda masih bisa beraktifitas menggunakan laptop Abda sekalipun proses perbaikan tengah berlangsung. Perlu diketahui bahwa Pixel Repairer juga dapat dipakai untuk LCD pada layar monitor lainnya juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *