Panduan Membuat Drop Cap pada Ms Word

By | Maret 9, 2021

Apa itu drop cap? Jika kita membaca surat kabar atau majalah sering terdapat tulisan dengan paragraf awal dimulai huruf besar. Ukuran huruf besar ini bisa lebih dari 1 baris. Selain ditulis dengan capital, ukuran huruf yang besar sangat mencolok dan menarik perhatian.

Huruf awal paragraf itu disebut dengan drop cap. Drop cap digunakan untuk kebutuhan persuasi, entertainment, hiburan, tulisan kreatif dan sejenisnya. Drop cap tidak digunakan untuk penulisan formal seperti makalah, skripsi, karya ilmiah, dokumen resmi dan sebagainya.

Membuat drop cap bisa dengan mudah dilakukan menggunakan aplikasi Ms Word. Jadi hanya butuh fasilitas penulisan seperti biasa. Tidak perlu menggunakan aplikasi khusus yang berhubungan dengan fitur-fitur gambar. Berikut cara membuat drop cap menggunakan Ms Word.

Cara Membuat Drop Cap dengan Cara Cepat

Cara pertama ini sangat mudah. Kita bisa membuat drop cap dengan cepat dan praktis. Terlebih dahulu blok teks atau paragraf yang akan dibuat drop cap. Setelah itu klik menu Insert lalu pilih group Text. Klik Icon Drop Cap, maka akan muncul 2 pilihan.

Dropped adalah pilihan pembuatan drop cap yang langsung. Sehingga posisinya menjorok ke dalam atau ke sebelah kanan. Sedangkan In margin akan menggeser seluruh badan teks paragraf ke kanan. Paling banyak digunakan Dropped yang tidak menggeser seluruh baris di bawahnya menjorok ke kanan.

Langkah cepat ini sangat direkomendasikan bagi pengguna pemula Ms Word. Yang terpenting adalah hasil penulisan yang dibuat memiliki drop cap. Menulis publikasi misalnya, akan lebih mudah menarik perhatian para pembaca. Ada lagi pengaturan yang lebih detail menggunakan drop cap option.

Cara Menggunakan Drop Cap Option

Kita juga bisa menggunakan pilihan drop cap option untuk membuat pengaturan sendiri sesuai kebutuhan. Jika dalam paragraf terdapat baris yang banyak kita bisa tentukan batasan drop cap. Untuk 3 baris saja, 2 baris dan sebagainya. Sehingga hasil penulisan paragraf menjadi rapi namun tetap menarik.

Caranya sama seperti cara cepat membuat drop cap. Pilih paragraf yang akan disisipkan drop cap. Kemudian klik Tab Insert agar muncul menu Toolbar baru. Pilih Group Text kemudian klik icon Drop Cap yang disimbolkan dengan huruf A dan garis-garis. Setelah itu akan muncul kotak menu.

Klik pada bagian paling bawah yaitu drop cap option. Pada tahap ini akan ditampilkan kotak dialog untuk menyesuaikan penggunaan drop cap. Pada bagian Position terdapat 3 pilihan yaitu None artinya tanpa drop cap, Dropped dan In margin.

None adalah menu atau pilihan fitur drop cap yang digunakan ketika akan mengembalikan paragraf menjadi tulisan biasa. Jika sebelumnya dibuat drop cap kemudian ingin dihapus, bisa menggunakan menu ini. Maka teks paragraf kembali rapi seperti semula.

Dropped, seperti pada cara cepat yaitu membuat paragraf dengan menyisipkan drop cap dalam beberapa baris. Sedangkan In margin adalah drop cap yang membuat seluruh baris pada paragraf menjorok ke dalam. Pada bagian Option kita bisa merubah jenis huruf di kotak Font.

Aktifkan pilihan Dropped atau In margin terlebih dahulu kemudian pilih jenis huruf. Lines to Drop adalah jumlah baris yang akan digunakan untuk sisipan drop cap. Kita bisa menentukan ukuran sesuai kebutuhan. Pilihan ini bisa digunakan untuk posisi dropped maupun in margin.

Lalu Distance from text adalah jarak drop cap dengan text. Ini juga bisa kita atur sendiri. Bisa diperkirakan sesuai kebutuhan penulisan agar hasilnya tetap rapi dan tidak mengganggu fokus pembaca. Setelah selesai membuat pengaturan klik Ok dan hasilnya langsung terlihat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *