Langkah Dasar Penulisan dalam Ms Word

By | Februari 20, 2021

Setelah mengetahui bagaimana cara memulai pengoperasian Ms Word, selanjutnya kita akan belajar cara penulisan. Pada saat masuk dalam aplikasi Ms Word, kita akan mendapat lembar kerja yang sudah lengkap. Kita bisa klik pada group menu masing-masing untuk menggunakannya.

Namun dalam menulis menggunakan Ms Word, kita harus paham terhadap fungsi masing-masing menu. Menulis umumnya sudah terdapat ketentuan yang harus diikuti. Misalnya mengenai ukuran huruf, spasi antar kalimat, spasi antar kalimat dengan paragraph dan sebagainya.

Menggunakan Ms Word kita bisa merubah sendiri bentuk huruf, ukuran, warna dan sebagainya. Penulisan bisa jadi lebih rapi atau berkreasi disesuaikan dengan kebutuhan penulisan. Berikut ini langkah memulai pengoperasian Ms Word yang bisa diikuti oleh pemula.

Cara Mengubah Font

Menulis sebuah dokumen umumnya terdapat kaidah tersendiri sesuai ketentuan yang diminta. Misalnya menulis teks pidato harus menggunakan ukuran huruf, warna dan spasi yang standar penulisan resmi. Berbeda dengan penulisan untuk kebutuhan lain yang semi-formal atau non-formal.

Mengubah font bisa dilakukan pada saat memulai penulisan. Sehingga seluruh teks yang ditulis sudah otomatis tersetting sama. Jika menulis dulu baru kemudian ingin diganti, maka harus dengan memilih teks dengan cara blok (klik kemudian drag kursor sesuai teks yang ingin diganti).

Jika menggunakan cara kedua, yaitu menulis dahulu kemudian mengganti jenis font dan ukurannya bisa dengan seleksi teks atau Ctrl + A untuk seleksi semua tulisan. kemudian secara otomatis akan muncul menu di atas teks atau sebelahnya. Kita bisa langsung memilih jenis font dan ukurannya.

Gaya penulisan seperti bold, italic atau underlined juga bisa langsung dipilih melalui seleksi teks tersebut. Bisa juga melalui menu utama pada tab Home kemudian group Font. Bold adalah untuk menebalkan teks, Italic untuk teks miring dan Underlined untuk teks bergaris bawah.

Cara Mengatur Margin Ms Word

Menulis menggunakan aplikasi Ms Word pasti akan berhubungan dengan pengaturan margin. Yaitu batas penulisan dari semua sisi kanan, kiri, atas, bawah. Pada penulisan tertentu seperti skripsi, karya ilmiah dan sebagainya harus memenuhi ketentuan. Hal ini bisa langsung diatur pada Ms Word pada saat mulai menulis.

Contoh menulis untuk batas margin atas, bawah, kiri, kanan semuanya dengan margin 1 inch. Cara mengaturnya pilih tab Page Layout lalu pilih Margin, pilih Custom Margin. Lalu ubah secara manual batas margin sesuai kebutuhan. Perhatikan ukuran yang terdefault pada komputer apakah inch, mm atau lainnya.

Mengatur margin ini sangat penting jika ingin hasil print out lebih rapi. Misalnya mencetak label undangan, label sama stiker untuk barang pribadi dan sebagainya. Margin dibuat untuk memudahkan pada saat penjilidan naskah. Jadi teks tidak tertutup karena penjilidan.

Panduan Mengatur Spasi

Spasi yang dimaksud dalam penulisan Ms Word terdiri dari spasi antar karakter, spasi antar kata dan spasi dalam paragraph. Mengatur spasi atau jarak antar karakter caranya dengan pilih semua teks yang akan diubah spasinya atau Ctrl + A untuk memyeleksi semua.

Kemudian gunakan shortcut Ctrl + D agar lebih cepat, setelah muncul kotak menu pilih bagian advanced. Pilih bagian spacing, Expanded artinya spasi lebih luas, Condensed artinya spasi lebih rapat. Jika sudah diubah sesuai kebutuhan klik Ok.

Bisa juga melalui menu pada tab Home, kemudian pilih group Font. Klik pada bagian pojok kiri bawah yang bertanda panah. Maka akan muncul menu pengaturan spasi. Pengaturannya sama yaitu pada bagian spacing seperti cara sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *