Langkah Cepat dalam Mengatasi Touchpad Macet

By | Februari 26, 2021

Saat Anda beraktifitas menggunakan komputer maupun laptop, tentunya sesekali Anda pernah mengalami kursor yang tiba-tiba saja tidak bergerak atau macet seketika. Ada banyak hal yang bisa jadi penyebab kursor mouse tersebut tidak dapat bergerak. Penyebabnya bisa berkaitan dengan mouse atau touchpad komputer ataupun laptop Anda.

Mengatasi Touchpad Macet
Mengatasi Touchpad Macet

Kedua komponen tersebut merupakan salah satu perangkat input serta output komputer maupun laptop yang paling sering difungsikan oleh Anda para penggnunanya.

Pada artikel terbaru, kami akan berikan beberapa cara yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut agar tidak terus berlanjut dan mengganggu aktifitas Anda nantinya :

Bagaimana Cara Mengatasi Touchpad Macet?

  1. Bersihkan touchpad laptop

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyebab kursor laptop tidak bergerak yaitu dengan Anda membersihkan touchpad yang kotor.

Touchpad harus selalu Anda jaga agar selalu berada dalam kondisi yang bersih supaya nantinya tidak mengganggu daya sensitifitas dari touchpad saat disentuh. Caranya cukup mudah, yaitu Anda cukup bersihkan dengan memakai kain lap bersih ke touchpad.

Sedangkan untuk bagian sebelah dalamnya, Anda perlu bongkar terlebih dulu casing laptop Anda yang terhubung bersama keyboard laptop, setelah itu Anda dapat mengusap debu-debu yang terdapat di dalamnya agar touchpad lancar saat digunakan.

2. Unduh driver touchpad

Supaya touchpad Anda dapat bekerja secara maksimal, maka sebaiknya Anda unduh driver touchpad yang dirilis resmi oleh produsen laptop Anda. Itu karena setiap produsen laptop tentunya telah membuat penyesuaian laptop yang mereka produksi dengan komponen touchpad yang dirilis oleh produsen laptop.

Tapi jika nyatanya produsen laptop Anda tidak mengeluarkan driver touchpad sehingga tidak yersedia di situs mereka, Anda dapat manfaatkan software pencari driver yang tidak perlu memakai koneksi internet. Caranya yaitu Anda cukup masukkan CD aplikasi ke CD Drive di laptop, selanjutnya Anda proses instalasi driver lewat aplikasi tersebut.

3. Lakukan pengaturan touchpad

Cara lain yang bisa dilakukan yaitu Anda lakukan pengaturan ulang pada touchpad Anda supaya dapat bekerjakembali secara optimal. Untuk melakukan pengaturan Anda bisa gunakan mouse terlebih dahulu atau Anda juga dapat memakai keyboard sebagai navigasi di laptop Anda.

4. Set mouse dengan benar

Pastikan mouse digunakan oleh Anda dan terhubung ke laptop telah terpasang dengan benar. Hal tersebut berlaku untuk mouse berkabel maupun mouse yang tanpa kabel (wireless).

Cara memastikan apakah mouse telah terhubung dengan laptop atau tidaknya yaitu dengan Anda membuka Control Panel kemudian menuju bagian Device Manager. Cek bagian “Mice and other pointing devices” atau “Human Interface Devices”, lalu Anda lihat apakah ada nama perangkat mouse Anda disana.

Bagaimana Cara Aktifkan Mouse atau Touchpad di Laptop?

5. Aktifkan Mouse atau touchpad Laptop Anda

Ada banyak cara dalam mengaktifkan mouse wireless atau touchpad pada laptop Anda. Salah satunya yaitu Anda ubah letak switch mouse dari OFF menjadi ON.

Untuk aktifkan touchpad laptop, Anda tekan benerapa tombol secara bersamaan pada keyboard yang yang disesuaikan merek laptop tersebut. Beberapa kombinasi tombol yang harus Anda tekan di keyboard untuk setiap merek adalah seperti di bawah ini:

  • Mac tekan tombol Fn + F2
  • Acer tekan tombol Fn + F7
  • Toshiba tekan tombol Fn + F9
  • Asus tekan tombol Fn + F3 atau juga bisa tekan tombol Fn + F7
  • Dell tekan tombol Fn + F7
  • Lenovo tekan tombol Fn + F6
  • HP tekan tombol khusus untuk aktifkan touchpad

6. Ganti dengan yang baru

Jika touchpad atau mouse Anda sudah mengalami kerusakan, maka jalan keluarnya Anda harus ganti dengan yang touchpad ata mouse baru. Jika kerusakan ternyata terjadi pada touchpad laptop, maka Anda bisa ganti dengan mouse.

Banyak macam mouse yang kini dijual di pasaran, baik mouse berkabel maupun yang mouse wireless. Tapi jika ternyata mouse Anda yang rusak, Anda tinggal membeli yang baru saja.

7. Bawa ke tempat servis

Namun jika touchpad di laptop Anda masih dapat diperbaiki, maka sebaiknya bawa laptop Anda tersebut ke tempat service yang benar-benar terpercaya. Karena touchpad adalah salah satu komponen yang menjadi satu dengan laptop, maka Anda perlu lebih dulu untuk melakukan backup data di laptop Anda.

Baca Juga : Termudah! Cara Download Youtube Jadi MP3 Gratis Tanpa Aplikasi

Hal itu perlu dilakukan jika Anda ingin agar produktifitas pekerjaan tetap terjaga selama laptop dalam masa perbaikan. Jika laptop Anda tersebut masih tergolong baru.

Sehingga masa garansinya masih ada dan berlaku, maka lebih baik Anda manfaatkan hal tersebut untuk mengajukan service resmi dari produsen asli laptop Anda.

Itu tadi beberapa alternatif cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kursor laptop tidak bergerak atau macet, Anda bisa langsung mpraktekkan hal tersebut jika kebetulan saat ini Anda mengalami kendala atau masalah seperti itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *