Cara Mengubah Kapitalisasi Huruf dalam Ms Word

By | Februari 25, 2021

Menulis teks menggunakan Ms Word ada kalanya kita perlu melakukan perubahan pada beberapa kata atau kalimat. Mengikuti ketentuan penulisan baku yang berlaku. Misalnya merubah besar kecil huruf dalam kata atau kalimat. Pada saat menulis kita bisa sekaligus membuat besar kecil huruf dari awal.

Namun jika terlewat maka kita harus merubahnya dengan mengedit satu per satu. Besar kecil huruf bukan hanya mengikuti kaidah penulisan baku tetapi juga menunjukkan istilah, penyebutan yang benar dan sebagainya. Dalam Ms Word kita bisa melakukan pengeditan dengan 3 cara.

Menggunakan Capslock saat menulis atau kombinasi keyboard Shift dan huruf yang diketik, Shift + F3, dan Change Case pada Toolbar. Ketiga cara ini bisa digunakan mulai Ms Word 2007 hingga 2019. Berikut cara penggunaan fungsi kapitalisasi huruf Ms Word tersebut.

Menggunakan Tombol Keyboard Shift dan Capslock

Ketika menulis dalam Ms Word kita bisa mengawali huruf pertama dengan menekan Capslock terlebih dahulu. Jika Capslock keyboard aktif maka setiap kali kita menulis akan menghasilkan huruf capital. Jika ingin kembali menggunakan huruf kecil, matikan capslock dengan menekannya sekali lagi hingga lampu indikator mati.

Menggunakan Shift + huruf juga akan menghasilkan capital huruf. Biasanya kita akan menggunakan Shift + huruf pertama setiap awal kalimat. Jika kita menekan Shift untuk beberapa huruf lainnya maka akan menghasilkan capital huruf juga. Untuk mengahkiri penggunaan huruf besar lepaskan Shift dan menulis biasa.

Jika ingin mengedit dalam paragraph maka harus dipilih per kata dalam kalimat. Hapus huruf pertama pada masing-masing kata kemudiang ganti dengan huruf besar dengan menekan Shift + huruf. Atau dengan menekan Capslock seperti cara biasa.

Cara Menggunakan Shift + F3

Jika kita sudah menulis teks sampai selesai, kemudian ingin mengubah kapitalisasi huruf pada kalimat atau kata tertentu kita bisa menggunakan Shift + F3. Caranya dengan menyeleksi atau blok pada kata atau kalimat yang dimaksud. Kemudian tekan Shift + F3.

Huruf akan berganti sesuai format kapitalisasi Sentence Case, Lowercase, dan seterusnya. Tekan kombinasi Shift + F3 sampai didapatkan format yang diinginkan. Bisa huruf capital pada awal kalimat saja, seluruh kalimat, semua huruf kecil dan sebagainya.

Cara Menggunakan Change Case pada Toolbar

Sama seperti kombinasi Shift + F3, dalam merubah kapitalisasi menggunakan Change Case Toolbar kita harus memilih atau blok pada kalimat atau kata yang dimaksud. Kemudian pada tab Home pilih Change Case yang disimbolkan dengan Aa.

Pada cara ketiga ini kita bisa merubah kapitalisasi huruf dalam 1 kata, 1 kalimat, 1 paragraf bahkan 1 dokumen sekaligus. Namun perlu diperhatikan faktor lain yang ada dalam dokumen seperti istilah bahasa asing, penulisan khusus dan sebagainya. Supaya tidak perlu melakukan pengeditan berkali-kali.

Pada saat kita klik Change Case pada Toolbar, akan ada pilihan Sentence Case, lowercase, UPPERCASE, Capitalize Each Word dan tOGGLE cASE. Sentence Case, membuat kapitalisasi setiap huruf pertama dalam satu kalimat. Sedangkan lowercase membuat huruf kecil semua.

UPPERCASE, membuat semua huruf menjadi huruf besar baik dalam satu kata, kalimat, maupun paragraph. Capitalize Each Word, membuat huruf capital untuk setiap huruf pertama pada masing-masing kata. Lalu tOGGLE cASE, membuat huruf pertama setiap kata adalah huruf kecil.

Cara merubah kapitalisasi menggunakan Change Case ini paling mudah dan cepat. Meminimalisir kesalahan karena ada kata yang terlewat. Jadi tidak perlu khawatir ketika komputer tidak otomatis tersetting untuk huruf besar setiap awal penulisan. Menulis seperti biasa kemudian lakukan pengeditan setelah selesai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *