Panduan Mengelola Website dengan Cara Install WHMCS di cPanel

By | April 5, 2021

Dengan install WHMCS membuat affiliate marketer  dan reseller web hosting semakin terbantu tugasnya. Karena keduanya sama-sama membutuhkan web yang dilengkapi dengan fasilitas billing management otomatis supaya tidak perlu mengontrol sistem pembayaran secara manual lagi. Nah berbicara tentang aplikasi web yang dapat membantu kebutuhan ini adalah WHMCS.

WHMCS atau web host manager complete solution merupakan salah satu aplikasi web yang dilengkapi dengan fitur penagihan hosting, pengelolaan, provisioning, dan juga pengamanan data para klien. Jadi selain fungsinya ada banyak, software ini juga berguna untuk mengelola hosting klien serta pembayaran (proses penagihan) secara otomatis.

Cara Instal WHMCS pada cPanel

Untuk bisa menginstal aplikasi web ini pada cPanel, sebaiknya siapkan dulu beberapa hal berikut. Yaitu harus punya domain dan akun hosting aktif. Selain itu, Anda juga harus punya lisensi WHMCS dan sudah menginstal sertifikasi SSL demi keamanan web. Setelah ketiganya disiapkan, barulah lakukan langkah-langkah di bawah ini untuk menginstalnya:

1. Login cPanel

Untuk login, masukkan username dan password. Kemudian klik log in.

login ke cpanel

2. Find WHMCS

Bila sudah, Anda akan dihubungkan pada dashboard cPanel. Silahkan scroll saja ke bawah atau bisa coba gunakan kolom pencarian untuk mencari “softaculous”. Selanjutnya cari saja aplikasinya, “WHMCS”. Selanjutnya klik, “install now”.

whmcs di softaculous

3. Setup Installation

Untuk bisa install WHMCS, maka dibutuhkan data untuk mengidentifikasi pengelolanya. Dalam hal ini yang menjadi pengelolanya adalah Anda. Jadi isilah datanya berdasarkan keterangan yang diminta pada formulirnya.

pengaturan instalasi setup

Di bawah ini adalah sedikit penjelasan tentang masing-masing informasi yang dibutuhkan:

Choose Installation URL: sebaiknya pakai HTTPS ketika diminta protokolnya. karena pilihan ini jauh lebih aman. Namun sebelum itu pasang dulu SSL. Sedangkan di bagian kolom in directory sebaiknya biarkan saja menjadi default.

Data Directory: pilih default.

CRON Job: pilih default.

Company Name: isi nama web, bisnis Anda, atau organisasi yang sedang dijalankan.

Admin Folder: bisa diisi dengan alamat Anda. Karena nantinya bagian ini akan dijadikan sebagai url administrator (back end) pada WHMCS.

Company Email: silahkan diisi dengan alamat email bisnis Anda atau email administrator web menggunakan nama domain.

Valid License Key: isilah berdasarkan lisensi WHMCS.

Admin Username: isilah dengan username pengelola WHMCS.

Admin Password: isi dengan password yang tergabung dari kombinasi simbol, angka, dan huruf supaya tidak mudah dibobol orang yang tidak bertanggung jawab dan lebih aman.

First Name: isi dengan nama depan administrator.

Last Name: isi dengan nama belakang Administrator.

Admin Email: isi dengan nama alamat email Administrator.

Bila sudah, cek sekali lagi sebelum dikonfirmasi dan pastikan tidak ada kesalahan. Bila sudah Anda bisa langsung install WHMCS dengan menekan tombol instal pada bawah form dan tunggu sampai prosesnya berhasil (selesai).

loading instalasi aplikasi whmcs

Tunggu sampai 5 hingga 10 menit. Sehingga akan muncul seperti tampilan di bawah ini. Jangan pernah menutup halamannya sebelum prosesnya berhasil. Barulah kemudian setelah berhasil, Anda akan mendapat informasi seputar url WHMCS dan halaman administratornya.

instalasi whmcs di cpanel selesai

Di bawah ini adalah tampilan yang ada pada berandaClient Area WHMCS.

client area whmcs

Di bawah ini adalah tampilan halaman administrator (pengelola WHMCS) yang digunakan untuk mengelola data pelanggan.

cpanel dashboard whmcs

Setelah melihat sedikit penjelasan tentang bagaimana cara menginstalnya dengan benar, maka sekarang Anda bisa mengelola akun hosting lebih mudah. Karena selain berguna untuk mengelola hosting, ternyata dengan Install WHMCS  ini akan membuat data tetap aman terjaga dan lebih praktis karena tidak perlu menagih ke pelanggan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *