Panduan Membuat Google Form Lengkap dengan Fungsinya

By | April 1, 2021

Sebelum ada fitur Google Form, dulu orang-orang sering menginput datanya lewat Google Spreadsheets. Namun seiring berjalannya waktu, berkat inovasi Google membuat semua orang lebih mudah membuat formulirnya dari fitur yang telah disediakannya tersebut. Sehingga proses input data semakin mudah dan tidak lagi dilakukan secara manual.

Selain itu Anda juga bisa menggunakannya untuk kebutuhan yang lain. Misalnya saja untuk mengumpulkan data kuesioner, daftar keanggotaan, menyusun alamat yang digunakan untuk pengiriman sebuah produk toko online, dll. Tapi bagaimana cara membuatnya?

Panduan Membuat Google Form

Sebelum membuatnya, Anda harus memiliki akun Google. Barulah kemudian Anda bisa menggunakan fitur ini melalui menu Google Drive, tapi login dulu dengan akun tersebut. Setelah itu pilih new seperti yang ada pada gambar di bawah ini:

cara membuat google form akses google form 1

1. Pilih menu Google Form untuk menggunakannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

cara membuat google form akses google form 2

2. Bila sudah masuk, maka Anda bisa membuat form tersebut sesuai kebutuhan. Misalnya saja bila ingin membuat data peserta touring ke Pulau Pahawang. Maka buat judul dan deskripsi sesuai tujuan pembuatan formulirnya seperti di bawah ini.

cara membuat google form judul dan deskripsi

3. Selanjutnya buat daftar pertanyaan yang dibutuhkan. Di bawah ini merupakan contoh pengambilan data peserta yang sederhana. Yaitu meliputi nama, gender, pilihan layanan, jadwal keberangkatan, dll.

cara membuat google form buat pertanyaan

4. Pilih icon “+” bila ingin membuat pertanyaan baru.

cara membuat google form pertanyaan baru

5. Anda bisa membuat ketentuan sendiri apakah pertanyaannya harus dijawab atau tidak. Sehingga muncul bintang merah bila pertanyaannya memang wajib dijawab oleh peserta.

cara membuat google form pertanyaan wajib diisi

6. Untuk menambahkan gambar, silahkan klik icon yang ada di kotak merah berikut.

cara membuat google form add image

7. Bila ingin membuat pilihan ganda, silahkan tambahkan pilihannya sendiri dengan menekan tombol add other.

cara membuat google form add other

8. Bila memang butuh informasi pribadi peserta, silahkan lakukan berikut ini.

cara membuat google form request more info

Setelah berhasil membuatnya, sekarang Anda bisa membagikan formulir tersebut menggunakan beberapa media. Mulai dari link Google Drive, email, dan embed yang dicantumkan pada website Anda.

Cara Membagikan Formulir Lewat Link atau Email

1. Pilih menu send seperti di bawah ini.

cara membuat google form share by email

2. Nanti akan muncul beberapa pilihan untuk membagikan formulir pada menu send via. Silahkan pilih icon surat bila ingin menyebarkannya lewat email. Sedangkan bila ingin membagikannya via link (tautan) silahkan pilih menu icon berbentuk rantai.

cara membuat google form email or link

Cara Membagikan Formulir Lewat Website

1. Untuk membagikannya lewat website, pilih menu send seperti gambar di bawah ini.

cara membuat google form share by

2. Pilih tanda icon “<>” yang terdapat di bagian kanan. Bila ingin mengatur ukurannya berbentuk piksel, silahkan atur sesuai kebutuhan. Sehingga Anda bisa menampilkannya di situs agar terlihat lebih enak dilihat. Bila sudah, salink link yang ada.1. 3cara membuat google form share by embed

3. Login di halaman dashboard wordpress situs Anda, dan pilih menu appearance dan widgets.

cara membuat google form embed wordpress widget

4. Silahkan pilih custom HTML dan pilih posisi manakah Anda ingin menaruh formulir tersebut. Bila sudah silahkan pilih add widget.

cara membuat google form add widget custom html

5. Isi judulnya dan paste tautannya di kolom HTML. Bila sudah segera pilih menu save.

cara membuat google form paste and save

6. Bila sudah berhasil, maka kurang lebih data formulir yang baru dibuat akan terlihat seperti gambar di bawah ini. Namun umumnya tampilannya bisa berbeda-beda berdasarkan tema yang digunakan pada website dan ukuran piksel sebelumnya.

cara membuat google form all set

Setelah melihat panduan dan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ternyata cara menggunakan tool ini sangat mudah. Selain bisa dijadikan sebagai alat untuk mendapatkan feedback berbentuk kuesioner, ternyata Google Form ini juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan yang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *