Tutorial Menggunakan Fungsi Rumus Statistik pada Ms Excell untuk Median dan STDev

By | Januari 6, 2021

Microsoft Excell merupakan software yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan. Pembuatan tabel dan grafik menjadi lebih mudah dilakukan bila menggunakan rumus-rumus yang ada dengan baik. Dengan menggunakan rumus tersebut, maka proses perhitungan data menjadi lebih akurat dan minim kesalahan. 

Itulah sebabnya bisa dikatakan bahwa saat ini kehadiran Ms Excell telah banyak membantu pekerjaan semua orang yang berhubungan dengan statistik. Terutama jika jumlah kelompok datanya mencapai hingga ratusan, maka pemanfaatan Ms Excell dengan baik akan membuat pekerjaan semua orang menjadi lebih ringan.

Diantara fungsi dalam Ms excel untuk statistika yang paling sering digunakan adalah Median dan STDev. Kedua rumus ini diperlukan ketika seseorang ingin melakukan pengolahan data untuk dijadikan sebagai sebuah grafik. Jadi saat seseorang membutuhkan beberapa grafik sekaligus, maka mereka bisa menggunakan rumus tersebut. 

Sehingga dengan pembuatan grafik akan menjadikan tabelnya lebih mudah dibaca dari hasil yang didapat. Penarikan kesimpulan suatu perkiraan hasil juga menjadi semakin mudah dengan adanya grafik. Jadi, ada banyak fungsi statistik yang bisa dikerjakan menggunakan Ms Excell. 

Namun kali ini akan dibahas mengenai median dan standar deviasi atau STDev. Kedua rumus ini berguna dalam pengolahan data penelitian seseorang. Bagi pemula, tutorial rumus statistik ini bermanfaat untuk diaplikasikan dalam pekerjaan atau pelajaran yang membutuhkan grafik saat berada di lingkungan kerja maupun sekolah.

Rumus atau Fungsi Median

Fungsi median dalam statistik digunakan untuk menentukan nilai tengah data sebaran. Langkah-langkah menggunakan fungsi median adalah sebagai berikut ini:

  1. Ketik rumus dahulu yaitu =MEDIAN diikuti tanda kurung buka (().
  2. Klik pada kolom B2, drag atau blok sampai kolom B11.
  3. Akhiri dengan kurung tutup dan Enter.

Dari contoh di atas didapatkan nilai median dari kelompok data adalah 6. Nilai median bisa dihitung secara manual dengan mengurutkan data dari nilai paling kecil ke paling besar. Dari contoh diatas maka didapat urutan datanya meliputi angka 5, 5, 5, 6, 6, 6, 7, 7, 8, 8. 

Nilai tengah yang didapatkan dari hasil rumusan tersebut adalah angka pada urutan ke 5 dan 6 kemudian dibagi dengan 2. Hasilnya adalah 6 + 6 = 12 : 2 = 6. Namun saat tidak menggunakan rumus fungsi ini, maka setiap data tidak selalu angka yang didapatkan secara berurutan. Jadi pemakaian rumus ini menjadi lebih mudah dilakukan bila menggunakan rumus Excell, karena Anda tidak perlu mengurutkannya secara manual. 

Rumus atau Fungsi STDev

Standar deviasi adalah fungsi yang digunakan untuk menghitung simpangan baku. Cara penggunaan dalam Ms Excell adalah sebagai berikut.

  1. Ketik pada kolom B14 dengan =STDEV diikuti kurung buka (().

  1. Klik kolom B2, drag sampai B11.
  2. Akhiri dengan kurung tutup ()) lalu Enter.

Hasil dari perhitungan tersebut telah didapatkan bahwa standar deviasi dari sebaran data yang dimiliki adalah sebesar 1,16. Jumlah decimal bisa disederhanakan menggunakan menu Decrease Decimal. Standar deviasi dalam statistika digunakan untuk mengetahui simpangan atau toleransi error pada data. Dalam saham dan investasi digunakan untuk menentukan nilai resiko.

Standar deviasi akan sangat rumit jika dihitung secara manual melalui perhitungan matematis. Contoh di atas menggunakan 10 data, pada pekerjaan atau pelajaran sesungguhnya data yang diolah lebih banyak. Bisa mencapai ratusan, hingga paling praktis menggunakan rumus Ms Excell, lebih cepat dan minim terjadi salah hitung. Tentu saja hal ini akan membantu pengguna untuk menghitung nilai tengah menjadi lebih mudah dan cepat daripada menggunakan cara yang masih manual. Karena semuanya sudah menggunakan rumus fungsi yang disediakan oleh Ms. Excel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *