Penggunaan Fungsi MONTH dan YEAR dalam Ms Excel

By | Februari 17, 2021

Fungsi tanggal dalam pekerjaan sehari-hari sangat penting. Menghindari terjadinya data ganda ketika terjadi penginputan yang sama. Sebelumnya kita sudah belajar mengenai fungsi TODAY yang serupa dengan fungsi NOW. Kemudian DATE, DATEVALUE dan DAY. Fungsi-fungsi tersebut untuk menunjukkan tanggal serta nomor seri.

Tanggal lebih akurat untuk menghitung jumlah hari. Misalnya menghitung cuti karyawan, masa berlaku cek dan sebagainya dalam hitungan hari. Namun ada kalanya kita akan memerlukan perhitungan berdasarkan bulan dan tahun. Misalnya menghitung masa kerja karyawan untuk pengangkatan menjadi pegawai tetap, pemberian reward dan sebagainya.

Penggunaan fungsi YEAR berguna dalam menentukan usia karyawan, misalnya untuk kebutuhan asuransi jiwa. Dalam Ms Excel sudah disediakan cara menghitung tersebut dengan lebih mudah dan praktis. Penggunaan rumus atau fungsi didalamnya menghasilkan data akurat dan mudah dibaca.

Penggunaan Fungsi MONTH

Fungsi MONTH Ms Excel bertujuan untuk mendapatkan angka 1 sampai 12. Angka 1 sampai 12 ini adalah nilai bulan pada sebuah seri nomor tanggal. Kita akan mengetahui seri nomor tanggal pada format general Ms Excel dari sebuah tanggal.

Terlebih dahulu sesuaikan regional setting yang digunakan pada komputer masing-masing. Pada fungsi DAY yang sebelumnya sudah dipelajari, hanya diambil angka tanggal saja. Maka pada fungsi MONTH kali ini hanya akan diambil angka yang menunjukkan bulan saja.

Cara menggunakan Fungsi MONTH adalah mengikuti sintaksis MONTH(Tanggal). Dalam fungsi ini dibutuhkan argument berupa Tanggal. Tanggal merupakan nomor seri yang ditulis langsung maupun berasal dari referensi sel. Bisa juga merupakan fungsi atau rumus Ms Excel.

Rumus Ms Excel yang dimaksud harus menunjukkan format tanggal yang akan diambil angka bulannya. Contoh penggunaan fungsi MONTH seperti pada gambar di atas. Pada nomor 1 angka yang menunjukkan bulan didapat dari nomor seri tanggal dengan rumus =MONTH(44242).

Contoh nomor 2, mengacu pada fungsi tanggal yang sebelumnya digunakan untuk mengambil angka tanggal. Rumus MONTH(NOW()), menghasilkan bulan saat ini yaitu 2 atau Februari. Serupa dengan fungsi NOW, contoh nomor 3 menggunakan fungsi MONTH(TODAY()). Dimana hasil dari bulan hari ini (TODAY) adalah 2.

Contoh nomor 4, menggunakan rumus dengan argument berupa referensi sel yang sudah ada. Rumus =MONTH(DATE(C2,B2,A2)), dimana sel C2 menunjukkan tahun, B2 bulan dan A2 tanggal. Tetapi karena yang digunakan adalah MONTH maka hanya dihasilkan angka bulan saja yaitu 8.

Contoh nomor 5, Rumus =MONTH(B10). B10 disini adalah referensi sel yang sudah terisi dengan data tanggal lengkap dengan tanggal, bulan dan tahun. Namun karena fungsi yang digunakan adalah MONTH maka Excel hanya akan menghasilkan angka bulan saja yaitu 12.

Penggunaan Fungsi YEAR

Fungsi YEAR Ms Excel mengambil angka atau nilai tahun dari suatu format tanggal. Sebagai pelengkap 2 fungsi sebelumnya yaitu tanggal dan bulan. Jika fungsi DAY mengambil hanya angka tanggal, MONTH hanya angka bulan, maka YEAR hanya mengambil angka yang menunjukkan tahun.

Secara prinsip, penggunaan fungsi YEAR sama dengan fungsi sebelumnya. Hanya mengganti pada sintaksis saja. Argumen yang dibutuhkan sama, bisa menggunakan referensi sel atau dengan tulisan langsung. Bisa juga mengambil dari nomor seri tanggal seperti contoh nomor 1.

Dari semua fungsi yang berhubungan dengan tanggal, jika kita menginginkan data real time maka bisa menggunakan TODAY. Masing-masing fungsi DAY, MONTH, YEAR digunakan untuk memisah data tanggal, bulan dan tahun. Jika ingin menggabungkan kembali data angka tersebut menjadi format tanggal utuh digunakan fungsi DATE.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *