Tutorial Ms Excell Cara Menggunakan Fitur Find Paling Mudah

By | Januari 20, 2021

Bekerja menggunakan lembar-lembar Ms Excell ada kalanya kita harus mencari suatu data dengan kriteria tertentu. Karena jumlah kolom yang kita miliki banyak, tidak mungkin mencari kriteria data tersebut secara manual. Kuran efisien dari segi waktu.

Disini kita akan membutuhkan fitur Find dalam Ms Excell. Menggunakan fitur Find secara otomatis dalam waktu singkat kita akan mengetahui di sel mana saja data yang kita cari tersebut berada. Mengedit, menghapus atau tujuan lainnya akan lebih mudah.

Berikut ini kita akan bahas cara menggunakan fotur Find. Pertama untuk mencari data secara umum, kedua dengan kriteria atau format tertentu. Format yang dimaksud bisa warna sel, format penulisan seperti tanggal, decimal dan sebagainya.

Menggunakan Fitur Find dalam Ms Excell

Fitur Find dalam Ms Excell digunakan untuk menemukan data. Pencarian data seperti text, angka, tanggal dan sebagainya menggunakan menu Find. Langkahnya, terlebih dahulu menyeleksi atau memilih range dengan cara blok. Kita bisa menentukan range sesuai kolom untuk membatasi pencarian.

Contohnya, kita akan melakukan pencarian pada salah satu kolom kita memilih dengan cara blok. Disini kita akan mencari di kolom B saja. Langkahnya; buka Find Dialog Box dari menu Home kemudian pada bagian Editing Group pilih Find & Select lalu pilih Find.

Setelah dipilih Find akan muncul kotak dialog seperti pada gambar. Pada kotak Find What isi dengan keyword atau kriteria yang akan ditemukan. Setelah diisi kemudian tekan tombol Find Next atau bisa juga dengan Enter pada keyboard.

Jika kita menekan tombol Find Next, Ms Excell akan mencari keyword atau kriteria sesuai yang ada pada kotak Find What. Find Next artinya kursor akan berpindah-pindah ke sel berikutnya yang memuat keyword tersebut. Jika kita membatasi pada kolom B maka akan berpindah naik turun.

Namun jika kita menekan tombol Find All, Excell akan menyajikan daftar sel yang memuat informasi sesuai kata kunci. Contohnya seperti gambar di bawah ini.

Hasil pencarian untuk kata kunci “SUKOHARJO” adalah 2 sel. Yaitu sel B2 dan B5, begitu juga untuk keyword yang lain.

Cara Mencari Data secara Spesifik

Selain menu Find Next dan Find All, kita bisa mencari data secara spesifik dalam Ms Excell. Caranya adalah dengan menggunakan menu Option yang ada pada dialog box.

Within, batasan pencarian dalam sheet aktif atau workbook. Search, untuk pencarian secara menurun (by rows) maupun menyamping (by coloumns). Lookin, mencari formula atau rumus Excell, value dan comments. Match case, mencari sensitive case atau huruf besar kecil. Match entire cell contents, mencari kata kunci.

Pencarian juga bisa dilakukan untuk format tertentu. Dengan cara seperti sebelumnya melalui Tab Home setelah muncul Find and Replace dialog box, klik options. Kemudian di bagian Format pilih Format maka akan muncul kotak dialog Find Format.

Jika kita akan mencari format sel yang sebelumnya sudah ada pada worksheet maka pilih Choose Format From Cell, kemudian pilih salah satu sel dengan format tersebut. Seperti pada gambar di bawah ini. Misalnya kita mencari berdasarkan warna sel merah.

Pada bagian Format kila pilih Choose Format From Cell, kemudian klik salah satu sel dengan format yang diinginkan. Pada bagian preview langsung menunjukkan warna merah sesuai dengan format tersebut. Jika kita klik Find Next kursor akan menunjuk atau mengaktifkan sel dengan format yang sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *