Cara Membuat Efek Coret pada Teks di Ms Word

By | Maret 7, 2021

Efek coret mungkin jarang digunakan dalam kepentingan penulisan. Efek ini menunjukkan bahwa teks atau kalimat perlu dikoreksi atau salah. Sedangkan pada saat menulis, kita akan langsung menghapus yang salah dan memperbaikinya. Efek coret diperlukan dalam tujuan spesifik.

Misalnya menulis contoh soal dan penjelasan jawabannya. Untuk memberikan gambaran yang jelas, kita harus membedakan masing-masing teks. Mana kalimat atau bagian yang benar dan salah. Sehingga pembaca bisa memahami penjelasan yang diberikan melalui teks tersebut.

Ms Word sudah menyediakan fitur khusus untuk memberi efek coret dan coret dobel pada teks. Sehingga penulis lebih mudah memberikan penjelasan searah kepada pembaca. Berikut cara menggunakan fitur coret dan coret dobel pada Ms Word.

Cara Membuat Coretan dengan Strikethrough

Berbeda dengan fitur bold, italic dan underline, efek coretan cukup jarang digunakan dalam penulisan. Namun efek ini pada beberapa keperluan sangat dibutuhkan. Sebagai penanda suatu kalimat atau teks yang perlu dikoreksi. Misalnya untuk konsultasi skripsi secara online.

Pemilik dokumen akan langsung mengetahui bahwa teks-teks atau bagian yang dicoret harus diperbaiki karena dianggap salah. Dan efek coret ini berlaku secara umum. Bahwa bagian yang memiliki efek coret tersebut tidak benar meski tetap ditulis. Contohnya untuk pengumuman, iklan, selebaran dan sebagainya.

Perintah untuk membuat coretan dalam lembar kerja Ms Word berada pada bagian Toolbar. Icon strikethrough berada di sebelah icon underline font. Disimbolkan dengan huruf abc tercoret. Untuk membuat teks yang sudah kita tulis memiliki efek coret maka kita harus memposisikan jendela pada tab Home dahulu.

Blok atau pilih teks yang akan diberi efek coret. Kemudian klik icon Strikethrough, secara otomatis teks yang sudah disorot tersebut akan tercoret. Untuk mengaktifkan fitur Strikethrough ini tidak bisa menggunakan shortcut. Jadi harus dilakukan sesuai cara yang sudah dijelaskan tadi.

Lalu untuk mengembalikan tulisan agar efek coret hilang adalah dengan tombol Ctrl + Spacebar pada keyboard. Caranya dengan sorot atau blok pada teks yang memiliki efek coret, kemudian tekan Ctrl + Spacebar bersamaan. Maka teks akan kembali seperti penulisan normal.

Cara Membuat Coretan dengan Double Strikethrough

Selain menggunakan efek coret, Ms Word menyediakan fitur untuk membuat coret dobel. Jadi dalam teks nantinya aka nada 2 garis coret. Penggunaan efek ini umumnya menekankan suatu koreksi. Karena pada coret satu kurang jelas sehingga diperlukan penekanan dengan dobel coret.

Fitur double strikethrough tidak terdapat pada Toolbar seperti Strikethrough. Fitur ini hanya bisa digunakan dengan membuka dialog box. Caranya dengan memilih teks yang akan dibuat efek coret dobel. Blok teks tersebut, terlebih dahulu posisikan jendela Ms Word pada tab Home.

Setelah teks diblok, kemudian klik pada tanda panah bawah di Toolbar atau group Font. Maka akan muncul dialog box. Pilih bagian Double Strikethrough untuk menghasilkan efek coret 2 baris pada teks yang diblok. Centak kotak untuk pilihan Double Strikethrough kemudian klik Ok.

Melalui dialog box kita bisa melihat hasil dari penggunaan fitur. Perhatikan kotak Preview sebagai hasil dari penggunaan fitur Double Stikethrough. Untuk mengembalikan tampilan teks seperti semula dengan menghilangkan efek coret gunakan tombol keyboard sama seperti coret satu garis.

Sorot atau blok teks yang memiliki efek coret dobel. Tekan Ctrl + Spacebar, maka teks akan kembali normal. Jika teks yang memiliki efek coret dobel banyak maka untuk mengembalikannya perlu dilakukan secara berulang. Dengan memilih satu persatu teks yang dimaksud lalu tekan shortcut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *