Cara Cut dan Paste Termudah ketika Menggunakan Ms Excel

By | Januari 17, 2021

Pada prinsipnya cara untuk melakukan pemotongan atau cut dan penempelan atau paste sama dengan copy paste. Copy memiliki menu paste spesial namun cut tidak. Cut dan copy sama-sama mengambil dari sebuah data atau kumpulan data dalam sel atau range dengan cara mengaktifkannya terlebih dahulu.

Selanjutnya memindahkan sel atau range data tersebut ke sel lain. Namun pada cut data sebelumnya tidak ada lagi karena dipotong atau diambil dari tempatnya semula. Berbeda dengan copy yang artinya digandakan atau disalin. Caranya juga mudah bisa menggunakan perintah shortcut tombol pada keyboard.

Dalam pekerjaan ada kalanya membutuhkan data pada lokasi baru untuk tujuan mengumpulkan data sesuai kriteria. Jadi kita tidak lagi membutuhkan lokasi data awal. Data awal hanya digunakan sebagai draft kasar saja. Maka lebih disarankan menggunakan menu cut. Berikut cara untuk cut paste dalam Ms Excel.

Cut dan Paste dengan Tombol Perintah Ribbon Excel

Cara melakukan pemotongan atau cut data di Excel adalah dengan menggunakan perintah cut dan paste di Tab Home. Langkahnya adalah dengan memilij range yang akan dipotong. Klik Cut yang ada pada ribbon. Pindahkan kursor ke sel atau kolom lain yang diingkan kemudian klik tombol paste.

Cut dalam Ms Excel maupun Word ditandai dengan simbol gunting. Dari hasil cara pertama kita bisa lihat data atau range data langsung berpindah sel. Data awal tidak ada karena langsung dipotong. Pada perintah ini bisa dibatalkan dengan shortcut ctrl + Z jika ingin dikembalikan.

Perintah paste memiliki beragam tujuan sesuai data yang dimiliki. Untuk data angka atau teks bisa langsung dengan ctrl + V. Terdapat juga perintah formula (F) untuk mempaste formula sel, tidak mengikuti format sel. Keep Source formatting (K) untuk paste formula sel sekaligus formatnya.

Panduan Melakukan Cut dan Paste dengan Shortcut

Selain menggunakan menu pada Tab Home, cut dan paste bisa dilakukan dengan menggunakan shortcut. Cara ini paling banyak dilakukan oleh pengguna Ms Office pada umumnya. Caranya adalah dengan memilih range atau sel data yang akan dipotong. Jika data selnya banyak langsung diblok saja.

Setelah range data diblok, selanjutnya tekan tombol ctrl + X pada keyboard. Pindahkan kursor ke sel baru yang akan menjadi tempat untuk menempelkan range data. Kemudian tekan tombol ctrl + V. Akan langsung diperoleh data range baru sama persis dengan sebelumnya.

Cara kedua ini cukup mudah dan praktis. Namun ada lagi cara ketiga yang bisa digunakan untuk cut dan paste data di Excel yaitu dengan menggunakan mouse. Langkahnya adalah memilih range yang akan dicut dengan cara blok.

Geser kursor ke tepi range yang biasanya ditandai warna hijau. Setelah muncul simbol panah beserta 4 plus di atasnya, geser ke arah sel baru yang menjadi tujuan penempelan data. Disini tidak perlu menekan tombol ctrl di keyboard. Jadi hanya cukup digeser.

Pada saat melakukan pemilihan dan menekan menu perintah cut, maka akan tampak garis putus-putus pada batas sel atau range yang dipilih. Ini menandakan bahwa perintah atau mode cut sedang aktif. Selama masih muncul tanda garis putus-putus ini kita masih bisa melakukan paste berulang kali.

Jadi hanya perlu satu kali perintah cut ataupun copy, kita bisa mendapatkan hasil salinan lebih dari 1. Bisa pada sheet yang sama atu berbeda. Namun tanda garis putus-putus ini bisa dihilangkan dengan cara menekan tombol Esc pada keyboard.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *