Cara Menggunakan Perkalian di Microsoft Excel

By | November 26, 2020

Mediknas.com | Microsoft Excel adalah program aplikasi yang wajib dikuasai oleh seluruh karyawan pada kantor perusahaan ataupun kantor pemerintahan. Karena program aplikasi Microsoft Excel memiliki banyak sekali manfaat, terutama dalam pengolahan angka dan data data. Oleh karena itu, jika anda tidak menguasai salah satu ilmu dasar komputer ini, maka anda harus mempelajarinya mulai dari sekarang. Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara perkalian di Microsoft Excel. 

Perkalian dalam Satu Sel Atau Kotak

Jika anda ingin melakukan perkalian beberapa angka anda dapat menggunakan Microsoft Excel. Caranya adalah pertama klik sebuah kotak pada Microsoft Excel. Jika kotak tersebut sudah aktif, anda harus memasukkan rumusnya terlebih dahulu, yaitu tanda ‘=’. Perlu diingat bahwa seluruh perhitungan pada Microsoft Excel harus diawali dengan tanda ‘=’. Jika sudah demikian masukkan angka yang hendak anda jumlahkan. Misalnya ‘20’. Setelah itu ketik tanda ‘*’ lalu masukkan angka yang ingin dikalikan. Misalnya angka ‘30’. Sehingga nanti yang tampak pada kotak tersebut seperti: ‘=20*30’. Jika tampilannya sudah seperti itu anda tinggal menekan tombol ‘Enter’ pada keyboard maka jumlah perkalian akan muncul. Berapa banyak pun angka yang anda kalikan hasilnya akan muncul dengan akurat. 

Perkalian Beberapa Kotak

Jika angka angka yang hendak anda kalikan sudah tertera pada kotak kotak di Microsoft Excel, anda dapat menggunakan cara yang berbeda, yaitu dengan mengklik kotak angka yang hendak dikalikan. Langkah pertama yaitu klik kotak kosong pada Microsoft Excel, lalu ketik tanda ‘=’. Setelah itu klik kotak yang ingin anda kalikan, misalnya angka pada kotak ‘C6’. Setelah itu ketik lagi tanda ‘*’ disamping nya, lalu klik lagi angka pada kotak lainnya yang ingin anda kalikan, misalnya angka pada kotak ‘D4’. Sehingga nanti hasilnya akan tampak seperti: ‘=C6*D4’. Anda dapat menjumlahkan 2 kotak atau lebih sekaligus, tetapi harus tetap diikuti tanda ‘*’. Jika sudah, tekan tombol “Enter” pada keyboard untuk menemukan hasilnya. 

Contoh Perkalian beberapa kotak

Perkalian dengan Rumus PRODUCT

Untuk melakukan perkalian dalam kolom yang sama atau baris yang sama sekaligus, cara paling mudah adalah dengan menggunakan rumus PRODUCT. Misalkan anda ingin melakukan perkalian pada angka angka yang terdapat pada kolom B3 sampai dengan B8. Langkah langkah yang perlu anda lakukan adalah, pertama klik kotak kosong pada Microsoft Excel, kemudian ketik tanda ‘=’. Setelah itu ketik rumus ‘PRODUCT’ yang diikuti dengan mengetik tanda buka kurung ‘(‘. Setelah itu klik angka yang terdapat pada kotak ‘B3’ yang diikuti dengan mengetik tanda ‘:’. Setelah itu blok seluruh angka yang terdapat pada kolong B3 sampai dengan B8. Jangan lupa akhiri dengan tanda tutup kurung ‘)”. Jika nanti hasilnya tampak seperti: ‘=PRODUCT(B3:B8) , anda tinggal menekan ‘Enter’ pada keyboard maka hasilnya akan muncul. Itu lah rumus dalam Microsoft Excel.

Perkalian dengan rumus Product

Terima kasih telah berkunjung, semoga dapat dipahami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *