Cara Mengubah Ukuran dan Orientasi Kertas Ms Word

By | Februari 21, 2021

Bekerja dengan Ms Word yang merupakan aplikasi penulisan, kita akan membutuhkan kesesuaian ukuran kertas. Membuat tulisan biasanya untuk kebutuhan print out. Maka harus menggunakan ukuran kertas lembar kerja yang sesuai dengan ketentuan. Misalnya A4, F4 dan sebagainya.

Ukuran ini umumnya sudah diatur secara standar untuk kebutuhan khusus. Misalnya karya tulis atau skripsi menggunakan kertas ukuran A4. Tujuan pengaturan ukuran kertas pada saat melakukan penulisan adalah supaya nanti hasil yang didapat pada saat mencetak pas dan rapi.

Hasil kerja pada lembar Ms Word tidak terpotong pada hasil print out. Berkaitan juga dengan kebutuhan penjilidan. Jadi tulisan yang sudah dibuat menggunakan laptop atau kompuer bisa terbaca semua. Berikut cara mengatur ukuran kertas serta orientasinya dalam Ms Word.

Cara Mengubah Ukuran Kertas

Mengatur ukuran kertas bisa dilakukan sebelum memulai penulisan. Sehingga hasilnya nanti sudah sesuai dengan ukuran yang diharapkan. Namun jika terlewat atau lupa mengatur ukuran kertas, bisa dilakukan setelah menulis selesai. Sesuaikan dengan aplikasi Ms Word masing-masing.

Jika masih menggunakan aplikasi Ms Office lama bisa melalui menu Page SetUp, tersediaberbagai pilihan ukuran kertas bisa klik salah satu. Namun jika menggunakan Ms Office 2013 atau yang paling baru bisa langsung melalui Page Layout. Caranya seperti gambar di bawah ini.

Pada tab Page Layout klik Size. Kemudian akan muncul pilihan ukuran kertas. Untuk regional setting English, ukuran dalam satuan inchi. Namun standar sesuai ukuran yang biasa digunakan dalam pekerjaan. Jadi tinggal disesuaikan dengan ukuran yang dimaksud.

Dalam menu Size tersebut bisa dipilih salah satu dengan cara klik. Namun ada kalanya ukuran kertas yang kita inginkan tidak tertera didalamnya. Maka kita bisa membuat sendiri ukuran yang diinginkan. Caranya dengan klik pada bagian paling bawah yaitu More Paper Size.

Pada menu More Paper Size kita bisa menentukan sendiri ukuran lebar dengan menulis angka pada bagiah Weidth. Kemudian panjang kertas yang diinginkan ditulis pada bagian Height. Bisa juga dengan klik panah naik turun untuk mendapatkan angka yang pas.

Untuk mengetahui hasil dari ukuran kertas yang sidah dibuat dan perkiraan hasil print outnya bisa melihat langsung pada bagian Preview. Jika ingin membuat ukuran yang sama untuk semua dokumen yang ditulis pastikan bagian Apply to adalah Whole document. Lalu klik Ok.

Cara Mengubah Orientasi Kertas

Selain mengubah ukuran kertas dalam tujuan membuat print out yang rapi, umumnya dilakukan juga penyesuaian orientasi kertas. Sebab ada kalanya dalam pekerjaan membutuhkan tampilan melebar misalnya untuk tabel. Jadi tidak selalu memanjang dari atas ke bawah seperti kebanyakan hasil print out.

Terdapat 2 macam orientasi kertas yang bisa kita gunakan dalam pekerjaan Ms Word. Yaitu Portrait dan landscape. Portrait untuk tampilan kertas berdiri sedangkan Lanscape melebar atau persegi panjang. Untuk mengubah posisi atau orientasi kertas caranya adalah dengan pilih Tab Page Layout.

Pilih Orientation pada bagian Page Setup. Tersedia dua pilihan yaitu portrait dan landscape, klik salah satunya. Dan Orientasi kertas lembar kerja akan langsung berubah. Mengubah orientasi kertas tetap harus memperhatikan margin kanan, kiri, atas dan bawah. Sehingga hasil print tetap rapi.

Posisi Lanscape umumnya dibutuhkan untuk dokumen yang membutuhkan gambar atau tabel melebar. Sehingga tidak terpotong hasilnya ketika pekerjaan diprint. Untuk memastikannya jangan lupa melihat print preview sebelum melakukan print. Perhatikan posisi penjilidan jika diperlukan supaya tidak tertutup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *