Cara Mengubah Huruf Kapitalisasi atau Besar Kecil pada Excel

By | September 11, 2020

Adakah cara untuk mengubah huruf besar kecil (kapitalisasi) pada Excel? Seperti yang diketahui bahwa Microsoft Excel umumnya tidak menyediakan menu (tool Change Case) layaknya Ms Word. Karena pada Ms Word umumnya sudah menyediakan menu untuk mengubah huruf besar menjadi kecil, ataupun sebaliknya.

Lalu bagaimanakah solusinya?

Adakah cara untuk mengubah huruf kecil menjadi besar pada Excel atau sebaliknya? Yaitu cara mengubah huruf besar ke kecil pada Excel, begitu pula cara membuat huruf depan besar di setiap awal kata secara otomatis? Adakah cara seperti itu?

Khusus untuk Excel, bila Anda ingin mengubah huruf kapitalisasi (besar kecil), maka Anda bisa menggunakan beberapa fungsi (rumus) khusus. Yaitu Lower, Upper, dan Proper. Untuk lebih detailnya akan kami kupas selengkapnya tentang fungsi kapitalisasi dan cara mengubah huruf besar kecil di bawah ini:

Penjelasan Fungsi Kapitalisasi

Berbeda sekali dengan Ms Word, karena Ms. Excel tidak mempunyai tombol untuk mengubah huruf kapitalisasi. Namun meskipun begitu, Anda masih bisa memanfaatkan rumus (fungsi) khusus seperti Lower, Upper, dan Proper untuk mengubah huruf kapitalisasi teks yang sudah ada menjadi kecil, besar, atau huruf yang sesuai.

Jadi fungsi disini merupakan rumus bawaan yang secara khusus didesain untuk menyelesaikan tugas tertentu. Dalam hal ini, kami akan jelaskan seputar bagaimana caranya mengonversi huruf teks menggunakan fungsi kapitalisasi. Berikut ini adalah sedikit penjelasan tentang fungsi kapitalisasi pada Ms Excel, antara lain:

Lower : Pada rumus Excel, fungsi ini berguna untuk mengubah semua huruf pada setiap teks menjadi huruf kecil semua.

Proper: Pada rumus Excel, fungsi ini berguna untuk mengubah huruf awal yang ada di setiap kata teks menjadi huruf besar semua.

Upper: Rumus ini digunakan untuk mengubah semua huruf teks menjadi huruf besar semua.

Cara Mengubah Huruf Kapitalisasi 

Dalam beberapa kasus tertentu, fungsi Proper umumnya dimanfaatkan untuk mengkonversi huruf besar pada kolom A agar berubah menjadi huruf yang tepat. Jadi yang diubah hanya huruf pertama saja pada setiap nama. Berikut ini adalah cara mengubah huruf kapitalisasi dokumen Excel, antara lain:

  1. Sisipkan dulu kolom sementara yang tersedia di sebelah kolom teks yang mau dikonversi. Untuk contoh yang satu ini, kami akan menambahkan kolom baru (B) di kanan kolom nama pelanggan.

2. Di bagian sel B2, silahkan ketik rumusnya = Proper (A2). Setelah itu tekan Enter.

Dengan menggunakan rumus inilah Anda bisa mengkonversi nama yang ada dalam sel A1 huruf besar menjadi huruf yang benar. Sedangkan bila Anda ingin mengubah teksnya menjadi huruf kecil, maka rumusnya menggunakan = Lower (A2). Namun bila Anda ingin mengubahnya menjadi huruf besar, silahkan ketik rumus = Upper (A2). Untuk A2 bisa diganti sesuai dengan referensi selnya.

Untuk yang satu ini, gunakan rumus pada kolom barunya. Cara paling mudah melakukannya adalah dengan menggunakan sel B2. Setelah itu klik 2x persegi hitam kecil yang ada di sudut kanan bawah sel. 

Tips:  

Bila data Anda terdapat pada tabel, biasanya kolomnya langsung terhitung otomatis sesuai dengan nilainya bila memakai rumus. Pada bagian ini, sebaiknya pilih nilai pada kolom baru (B).

Caranya tekan CTRL + C supaya bisa disalin ke dalam clipboard.

Kemudian, klik kanan pada sel A2, lalu tempel. Bila sudah klik nilai. Dengan cara inilah membuat Anda bisa menampilkan nama saja, bukan rumusnya.  Setelah itu, silahkan hapus kolom (B), karena sudah tidak dibutuhkan lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *