Cara Menghilangkan Virus di Handphone 100% Ampuh!

By | Februari 25, 2021
Cara Menghilangkan Virus di Handphone 100% Ampuh

Handphone memang seringkali mengalami serangan virus berbahaya. Alhasil, handphone menjadi lemot dan berkurang kinerjanya. Hal ini tentu akan sangat mengganggu pengguna handphone tersebut dan berbahaya bagi handphone. Namun, jika handphone Anda terkena virus, jangan khawatir karena terdapat beberapa cara menghilangkan virus di handphone.

Sebelum mencoba cara menghilangkan virus di hp, Anda perlu benar-benar memastikan apakah hp Anda terkena virus atau tidak. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tanda-tanda dari handphone yang terkena virus. Jadi, apa saja ciri-cirinya? Mari simak penjelasannya berikut ini.

Tanda-tanda Handphone Terserang Virus

Tanda-tanda Handphone Terserang Virus

Handphone yang terserang virus berbahaya tentu memiliki beberapa tanda-tanda aneh. Hal ini tentu akan membahayakan dan menggganggu jika dibiarkan. Tanda yang paling sering terjadi pada handphone android yaitu munculnya iklan secara tiba-tiba. Jika handphone Anda mengalami hal seperti ini, maka segera cari cara menghilangkan virus di handphone agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah pada hp Anda.

Selain itu, tanda lainnya jika hp terserang virus yaitu hp menjadi lebih cepat panas. Hal ini karena terdapat aplikasi yang sedang beroperasi di latar belakang handphone tanpa Anda ketahui. Dengan demikian, handphone menjadi lemot saat digunakan, bahkan untuk membuka aplikasi-aplikasi yang ringan. Hal ini tentu akan mengganggu pengguna handphone tersebut.

Selanjutnya, karena handphone menjadi lebih cepat panas, maka baterai handphone juga lebih cepat habis. Baterai yang cepat habis akan mengganggu penggunaan handphone jika sedang berada di luar rumah dan tidak bisa mengeces hp.

Ciri lainnya yaitu handphone yang terkena serangan virus biasanya menghabiskan pulsa di handphone secara tidak normal. Hal ini tentu sangat merugikan pengguna karena pulsa terpakai sia sia. Selain itu, handphone yang terkena virus akan mengalami kerusakan sinyal saat melakukan panggilan suara, alhasil sinyal menjadi putus-putus saat melakukan telefon.

Nah, jika handphone Anda mengalami tanda-tanda di atas, maka Anda perlu mencari tahu tentang cara menghilangkan virus di hp agar hp Anda kembali menjadi normal. Di bawah ini adalah 3 cara mudah menghilangkan virus di handphone Anda.

3 Cara Menghilangkan Virus di Handphone

3 Cara Menghilangkan Virus di Handphone

Handphone yang terkena serangan virus jahat memang sangat mengganggu dan merugikan penggunanya. Namun, Anda jangan khawatir karena terdapat cara untuk mengatasinya. Inilah 3 cara yang dapat Anda coba untuk menghilangkan virus di hp Anda.

1. Hapus Aplikasi Aneh dan Mencurigakan di Handphone Anda

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu uninstall aplikasi berbahaya atau mencurigakan tersebut. Caranya sama seperti Anda menghapus atau meng-uninstall aplikasi-aplikasi android pada umumnya.

Namun, jika cara yang biasanya tidak mempan, Anda harus menghapus administrator rights nya terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Pertama, masuk ke menu setting lalu pilihlah security. Setelah itu akan muncul pilihan device administrator, klik menu tersebut dan pilih android device manager.

Setelah memilih menu android device manager, segera hapus administrator rights aplikasi yang berbahaya atau mencurigakan tersebut. Nah, setelah langkah-langkah tersebut telah berhasil Anda lakukan, maka aplikasi tersebut akan berhasil dihapus dari perangkat handphone Anda.

Untuk memastikan apakah handphone benar-benar terbebas dari virus, Anda dapat memulai ulang atau merestart handphone. Setelah itu, Anda dapat menguji apakah handphone telah berjalan normal.

2. Gunakan Aplikasi Antivirus

Cara menghilangkan virus di hp selanjutnya yaitu dengan menggunakan aplikasi antivirus di hp Anda. saat ini, terdapat berbagai macam aplikasi antivirus, mulai dari yang berbayar hingga yang gratis. Anda dapat memilih aplikasi antivirus sesuai dengan kebutuhan Anda.

Namun, yang paling penting adalah pilihlah aplikasi yang telah terpercaya dan terbukti dapat menangkal virus di hp. Anda dapat melihat rating dan review dari aplikasi tersebut untuk menilai apakah aplikasi tersebut terpercaya atau tidak. Setelah menentukan aplikasi antivirus, maka Anda dapat langsung memasangnya ke perangkat ponsel Anda.

3. Reset Handphone Anda

Reset Handphone Anda

Cara menghilangkan malware di android selanjutnya yaitu dengan me-reset hp. Opsi ini perlu Anda lakukan jika langkah-langkah sebelumnya tidak mempan untuk menghilangkan virus di handphone. Me-reset hp berarti mengembalikan kondisi handphone pada keadaan semula atau keadaan awal saat pertama kali dari pabriknya.

Cara menghapus virus malware di android pun sangat mudah. Pertama, buka ‘setting’ atau ‘pengaturan’ lalu klik menu system atau ‘sistem’ dan pilih ‘opsi reset’ atau ‘setelan ulang’. Dengan mengklik menu tersebut, maka handphone Anda akan kembali ke setelan pabrik atau keadaan semula.

Akan tetapi perlu digarisbawahi sebelum menyetel ulang sebuah handphone, pengguna harus mem-back up data yang ada di handphone terlebih dahulu. Hal ini karena setelah menyetel ulang hp, maka semua data akan otomatis terhapus.

Demikian ulasan tentang cara menghilangkan virus di handphone yang terjamin 100% berhasil. Jika Anda telah berhasil menghapus virus di handphone, maka sebaiknya Anda perlu berhati-hati agar handphone tidak terkena virus lagi di kemudian hari. Selamat mencoba dan semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *