Cara Menghapus Halaman Kosong di Word

By | September 11, 2020

Mediknas.com | Saat menggunakan word, Anda mungkin tidak asing dengan halaman kosong yang terkadang bisa mudah dihapus, namun ada juga yang sulit dihapus meskipun memakai banyak tombol. Padahal sebenarnya meskipun sulit, Anda masih bisa menghapus halaman kosong dokumen tersebut.

Jika hasil penghapusannya tidak sesuai dengan yang diharapkan, Anda bisa membatalkannya dengan menekan tombol CTRL + Z. Sedangkan bila ingin melihat apakah dokumen Anda ada halaman kosong atau tidak, silahkan tekan tombol CTRL + F2 (Print Preview).

Cara Menghapus Blank Space Tengah dan Akhir Dokumen

Cara dibawah ini bisa dipakai untuk menghilangkan baris kosong, section break, dan page break. Berikut ini adalah cara menghapus blank space di bagian tengah dan akhir dokumen Word, antara lain:

Klik dan geser menggunakan mouse pada baris yang kosong.

Bila sudah pilih tombol Delete.

Catatan:

Cara di atas bisa dimanfaatkan untuk menghapus halaman kosong yang tersembunyi, baik yang terlihat pada Print Preview ataupun ketika dicetak namun tidak terlihat pada Print Layout View-nya. Berikut ini adalah contoh kasus halaman kosong, antara lain:

Print layout view – Ada 3 halaman. Namun saat di Print Preview ada 4 halaman. Sedangkan bila dicetak ada halaman kosongnya.

Print Preview – Ada 4 halaman. Saat dokumen punya nomor halaman, maka nomornya ada yang dilompati. Sehingga section break odd page membuat nomor dan halaman kosong dilompati. Pada kasus ini, biasanya teks di halaman pertama sebelum section break berakhir merupakan angka ganjil. Sehingga ketika memilih Section Break Odd Page menyebabkan halaman antar section terpisah dan menyisipkan 1 halaman kosong.

Cara Menghapus Blank Space Lebih dari Satu pada Akhir Dokumen

Untuk menghapus halaman kosong hingga lebih dari satu di akhir dokumen itu sangat mudah. Berikut ini adalah beberapa tahapan untuk menghilangkan blank space di halaman akhir dokumen Word, antara lain:

Pilih baris kosong pertama yang akan Anda hapus. Setelah itu tekan tombol CTRL + SHIFT + End. Sehingga Word langsung memilih baris dari pointer hingga akhir dokumen. 

Bila Anda ingin menghapus semua barisnya, silahkan tekan tombol DELETE.

Cara Menghapus Blank Space sesudah Tabel

Bila Anda ingin menyisipkan sebuah tabel pada dokumen, biasanya akan muncul 1 baris paragraf kosong tepat di bawah tabel tersebut.

Saat panjang tabel besarnya hingga di akhir halaman, biasanya baris kosong itu muncul di halaman berikutnya. Sehingga tanda paragraf yang dimunculkan tidak dapat dihapus meskipun sudah memilih tombol Delete atau Backspace. Maka dari itu, solusinya adalah sebagai berikut ini!

Pilih Show or Hide di bagian Home tab untuk mengaktifkan Show All Formatting Marks. Bisa juga menekan tombol CTRL + SHIFT + *.

Kemudian pilih Show/ Hide supaya Formatting Marks halaman kosong bisa terlihat.

Pilihlah tanda paragraf tepat di bawah tabelnya, dan klik kanan.

Di bagian menu pop-up, pilih paragraph sehingga kotak dialog akan muncul.

Di bagian tab Indents and Spacing, atur nilai Before and After pada Spacing menjadi nol (0). Sedangkan di bagian Line spacingnya pilih Single.

Setelah itu tekan Ok sehingga kotak dialog tertutup.

Tetap pada tanda paragrafnya, atur ukuran font menjadi berukuran 1. Sehingga ukurannya menjadi paling kecil.

Dari sinilah tanda paragraf langsung dipindahkan menuju halaman sebelumnya. Sehingga halaman kosong yang ingin dihapus langsung hilang. Praktis sekali bukan? Maka dari itu jangan pernah bingung untuk menghapusnya, karena ada banyak cara yang bisa dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *