Cara Mengatur Spasi dalam Penulisan Ms Word

By | Maret 6, 2021

Menulis menggunakan Ms Word kita tidak perlu repot mengatur supaya tulisan rapi di setiap barisnya. Sudah tersedia fitur untuk membuat jarak baris. Line spacing adalah menu yang berfungsi untuk mengatur jarak baris dalam penulisan dokumen Ms Word.

Untuk kebutuhan penulisan resmi seperti karya ilmiah, skripsi, makalah dan semacamnya sudah ditentukan ukuran spasi yang harus digunakan. Standar ukuran spasi dalam Ms Word ketika kita pertama kali menulis adalah single atau 1.0. Namun tidak berlaku untuk semua jenis penulisan, maka kita harus mengatur sendiri.

Kebanyakan dokumen atau kebutuhan penulisan yang berlaku di Indonesia menggunakan spasi 1.5. Untuk itu kita harus bisa menyesuaikan dengan persyaratan setiap penulisan. Kita bisa menggunakan 2 cara untuk mengatur spasi baris dalam dokumen. Berikut penjelasan lengkap mengenai 2 cara tersebut.

Cara Mengatur Spasi Melalui Toolbar

Dalam Ms Word tersedia beberapa ukuran spasi yang bisa digunakan. Ukuran yang tersedia adalah single atau 1.0, 1.5, double, at least, exactly dan multiply. Cara mengatur spasi yang pertama adalah melalui Toolbar. Posisikan jendela Ms Word pada Tab Home terlebih dahulu.

Blok atau sorot paragraph yang akan diatur spasi barisnya. Lalu pilih group Paragraph dan klik icon line and paragraph spacing. Icon ini disimbolkan dengan baris-baris teks yang di bagian kirinya terdapat panah ke atas dan bawah. Maka akan langsung tersedia pilihan jarak spasi.

Klik salah satu ukuran spasi yang tersedia misalnya 1.5. Kotak menu akan langsung tertutup dan paragraph yang dipilih memiliki jarak spasi baris baru. Jika ragu terhadap jarak spasi sebuah paragraph atau ingin memastikan spasi sudah sesuai klik kembali icon line and paragraph spacing tersebut.

Angka yang tercentang merupakan spasi dari paragraph yang dimaksud. Pengaturan spasi baris bisa dilakukan sebelum mulai menulis dokumen. Jadi lebih praktis, tidak perlu mengatur per-paragraf dengan cara blok. Meminimalisir resiko lupa mengatur jarak spasi sesuai ketentuan penulisan dokumen.

Cara Mengatur Spasi Melalui Kotak Dialog

Mengubah spasi juga bisa dilakukan melalui kotak dialog. Kotak dialog pengaturan spasi memberikan pilihan yang lebih spesifik. Menu atau fitur spasi yang tersedia lebih lengkap. Misalnya ketentuan penulisan tidak seperti standar baku, maka kita tetap bisa membuat spasi seperti yang diinginkan.

Blok atau sorot paragraph yang akan diatur. Posisikan pada tab Home pilih group Paragraph, kemudian klik icon line and paragraph spacing. Setelah muncul kotak menu pilih Line spacing options. Maka akan terbuka kotak dialog baru yang memiliki pilihan lebih lengkap untuk pengaturan spasi.

Karena kita hanya akan mengatur spasi dalam paragraph maka fokus saja pada bagian bawah yaitu Spacing. Spasi yang akan kita atur adalah spasi baris. Jadi kita hanya perlu merubah ukuran pada bagian Line Spacing. Klik tanda panah ke bawah maka akan muncul berbagai pilihan ukuran.

Pilih salah satu ukuran yang diinginkan. Kemudian perhatikan bagian Preview untuk melihat hasil dari pengaturan jarak spasi baris tersebut. Setelah selesai klik Ok, paragraph yang dipilih akan terformat dengan spasi baris baru. Perintah ini bisa dibatalkan dengan Undo atau shortcut Ctrl + Z.

Terdapat 6 pilihan ukuran spasi baris yang bisa kita gunakan. Namun untuk keperluan tertentu yang membutuhkan jarak tidak umum bisa memilih multiple. Di sini kita bisa menentukan jarak pada kolom At. Klik panah ke atas dank e bawah untuk ukuran spasi yang paling sesuai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *