Cara Menciptakan Warna Ranking yang Berbeda dari Conditional Formatting

By | September 11, 2020

Beberapa orang ternyata ada yang tidak tahu tentang cara membuat Conditional Formatting dalam sel Excel menggunakan warna favoritnya sesuka hati. Padahal sebenarnya ada trik tersendiri yang bisa digunakan untuk membuat warna ranking yang berbeda dari conditional rankingnya (peringkat berdasarkan persentase.

X > 100% : berwarna hijau

80 – 100% : berwarna biru

60 – 79% : berwarna kuning

X > 60% : berwarna merah

Contohnya seperti gambar di atas. Yang jadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana cara membuat warna ranking seperti contoh di atas? Berikut ini akan kami berikan cara membuat warna ranking sesuai kebutuhan pada Excel. Sehingga hasilnya dapat terlihat pada kolom B di atas.

Cara Membuat Warna Ranking yang Berbeda 

Untuk membuat range data yang berwarna. Anda bisa melihat caranya pada contoh sel B1: B5

Setelah itu, di bagian tab Home, dan menu Styles, pilih Conditional Formatting. Bila sudah pilih yang Highlight Cells Rules. Sehingga Anda bisa melihat berbagai rules yang ada. Misalnya saja, seperti Between, Less Than, Greater Than, dll.

Selanjutnya untuk membuat format yang dimulai dari nilai kurang dari 60% dulu, maka pilih Less Than. Selanjutnya akan muncul kotak dialog seperti gambar. Di bagian kotak kiri isilah dengan 60%. Sedangkan sebelah kanan pilih tanda panah sehingga Anda bisa memberi warna sesuai kebutuhan. Kemudian pilih custom format.

Pada bagian tab Fill, langsung saja pilih warna merah. Kemudian, klik tombol OK sehingga semua kotak dialognya tertutup.

Ulangi lagi langkah sebelumnya untuk memberi warna ranking yang berbeda sesuai kebutuhan. Yaitu:

80 – 100%: berwarna biru (silahkan pilih menu Between)

60 – 79% : berwarna abu-abu (silahkan pilih Between)

X > 100% : berwarna hijau (silahkan pilih Greater Than).

Dari sinilah maka ditemukan 4 Conditional Formatting.

_gambar 6

Catatan:

Cara ini bisa digunakan untuk Ms Excel 2007, 2010, 2013, dan 2016. Jadi Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan. Karena tutorial ini berlaku untuk banyak seri Microsoft Excel. Untuk selebihnya, yang terbaru bisa menyesuaikan caranya. Karena kurang lebihnya biasanya sama saja caranya.

Tips Conditional Formatting

Dengan menggunakan conditional formatting membuat Anda bisa mendapatkan informasi tertentu yang terdapat dalam lembar kerja lebih cepat. Sehingga bila Anda tahu triknya, maka pekerjaan memakai Ms. Excel semakin cepat dan hemat waktu. 

Namun bila Anda masih awam, sebaiknya cobalah cara di bawah ini untuk menyorot data tertentu menggunakan conditional formatting. Sehingga Anda bisa menyorot data yang sama sesuai dengan tanggal hari ini:

Jadi, misalnya Anda ingin menyorot data pembayaran yang deadlinenya hari ini. Maka berikan warna pada selnya pada data yang jatuh tempo hari ini. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah mengecek dan melihat data pembayaran tersebut.

Caranya, pilih range data. Namun bila Anda memakai Ms Excel 2007, 2010, 2013, maka di bagian tab Home dan styles group, pilih conditional formatting. Setelah itu pilih New Rule. Selanjutnya select a rule type dan pilih format only cells that contain.

Kemudian pada format only cells with, langsung pilih cell value, equal to. Kemudian masukkan rumus =TODAY() di kotak sampingnya. Selanjutnya Anda bisa memberi format sesuai kebutuhan.

Untuk Excel 2003, caranya adalah di bagian menu format, pilih conditional formatting. Setelah itu, pada condition 1, langsung pilih cell value is dan juga equal to. Sedangkan di kotak sampingnya langsung tekan formula =TODAY(). Dari sinilah Anda sudah bisa memberikan format yang Anda inginkan. Mudah sekali, bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *