Cara Menambahkan Gambar pada Dokumen Word

By | Februari 23, 2021

Dalam Ms Word kita bisa menambahkan gambar dari sumber manapun. Tujuannya untuk memperjelas maksud dari tulisan yang kita buat. Gambar sebagai ilustrasi atau bukti dalam beberapa contoh penulisan. Misalnya menulis tutorial diperlukan gambar untuk mempermudah pemahaman pembaca. Sehingga bisa diikuti sama seperti petunjuk.

Menulis draf untuk konten sosial media misalnya, bisa juga melalui Ms Word kemudian memasukkan gambar. Jadi jelas apa yang ingin disampaikan. Selain itu gambar menjadi daya tarik dari sebuah tulisan. Pembaca tidak akan cepat bosan karena ada ilustrasi yang perlu diperhatikan.

Untuk kebutuhan penulisan online bahkan gambar dalam format gif bisa dimasukkan. Jadi merupakan gambar bergerak yang mempertegas maksud dari teks. Berikut ini cara memasukkan atau menambahkan gambar dalam Ms Word yang bisa diikuti dengan mudah.

Cara Menambahkan Gambar Berupa Foto

Cara menambahkan gambar dalam format jpg, png, bmp atau gif adalah melalui Tab Insert. Klik Insert kemudian pilih Group Illustrations. Terdapat banyak pilihan sisipan yang bisa digunakan. Picture adalah menu yang akan membawa kita ke galeri komputer.

Kita bisa memilih file mana yang akan digunakan sebagai sisipan gambar. Untuk memilih, masuk folder foto atau gambar yang relevan dengan isi tulisan. Kemudian klik salah satu gambar yang dimaksud. Setelah itu klik Insert, maka gambar akan otomatis muncul dalam Ms Word.

Jika tulisan yang diberi sisipan gambar akan dicetak, maka sebaiknya pilih gambar dengan resolusi tinggi. Sehingga pada saat dicetak gambar tidak pecah. Tetap jelas seperti gambar aslinya. Terutama jika menggunakan foto, usahakan untuk membuat resolusi yang berkualitas supaya hasil print juga lebih tajam.

Setelah gambar yang diingkan masuk dalam teks. Biasanya ukurannya belum sesuai, sehingga masih perlu diatur agar enak dilihat. Banyak fitur dalam menu Picture Tools. Seperti merubah warna gambar, style gambar dan sebagainya. Posisi gambar juga bisa dirubah sesuai keinginan.

Kita bisa mengatur kontras warna gambar melalui fitur Corrections. Kemudian jika ingin merubah warna bisa melalui fitur Color. Sehingga gambar yang kita sisipkan memiliki warna lebih menarik. Kita bisa membuat efek gambar lebih artistic melalui fitur Artistics Effects. Semuanya ini tersedia dalam group menu Adjust.

Picture Style digunakan untuk membuat gaya lain misalnya dengsn border berwarna dan masih banyak lagi. Kemudian group menu Arrange digunakan untuk mengatur posisi gambar terhadap teks. Sehingga pada saat dipindahka tidak merusak teks. Group menu Size digunakan untuk mengatur ukuran gambar supaya enak dilihat.

Cara Menambahkan Gambar Bentuk

Selain gambar berupa foto, kita juga bisa menambahkan bentuk lain. Misalnya untuk membuat bentuk-bentuk bangun datar dalam pembuatan soal matematika. Lingkaran, segi tiga, persegi panjang, persegi dan sebagainya. Atau bentuk fungsi pengoperasian seperti plus minus dan sebagainya. Bentuk-bentuk gambar bisa digunakan untuk membuat flow chart.

Pada tab Insert, perhatikan group Illustrations, lalu klik pada Shape. Maka akan tersedia banyak sekali bentuk yang biasa kita gunakan dalam penulisan. Seperti panah, kurung kurawal, bentuk kurva dan sebagainya. Klik pada salah satu bentuk yang diinginkan kemudian akan langsung masuk lembar kerja untuk diaplikasikan.

Pada lembar kerja drag atau tarik kursor ke arah kanan atau bawah untuk menghasilkan bentuk yang diinginkan. Selanjutnya kita bisa membuat tampilan lebih menarik untuk bentuk tersebut. Seperti merubah warna, membuat efek, membuat outline melalui group menu Shape Style. Mengisi bentuk dengan text dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *