Cara Mempercepat Koneksi Internet yang Lemot di Laptop

By | Februari 20, 2021

Mediknas.com | Teknologi nirkabel yang juga sering disebut dengan nama WiFi sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat dunia agar bisa tetap produktif denga cara terkoneksi lewat internet. Dengan adanya wifi, Anda bisa produktif dalam bekerja maupun belajar dimanapun dan kapanpun Anda berada.

Tapi problem yang sering dihadapi oleh para pengguna wifi yaitu koneksi internet yang terkadang tidak berjalan lancar, atau bahkan mungkin sesekali koneksi tersebut hilang. Hal itu tentunya akan menghambat aktifitas Anda. Lalu bagaimana caranya untuk mengatasi kendala tersebut?

Anda dapat melakukan beberapa metode mudah untuk yang cukup efektif untuk mengatasi koneksi internet  pada laptop maupun PC desktop. Cara yang dapat Anda lakukan agar koneksi wifi stabil dan cepat di perangkat komputer terbilang mudah.

Hanya beberapa pengaturan di perangkat laptop maupun pengecekan standart lain yang perlu Anda lakukan. Untuk tetap menjaga produktivitas Anda berjalan lancar, simak ulasan mengenai cara-cara mengatasi koneksi internet lemot di laptop berikut ini :

Bagaimanakah cara mempercepat koneksi internet yang lemot di laptop?

Pastikan Router yang digunakan berkualitas

Cara yang pertama yaitu Anda pastikan router yang Anda pakai cukup berkualitas. Koneksi internet yang tersendat nyatanya juga bisa disebabkan oleh usia router Anda yang sudah tua.

Sehingga dimungkinkan ada sedikit kerusakan dimana memyebabkan performa router menurun. Atau bisa juga router yang Anda gunakan memiliki kualitas low-end, sehingga tidak aneh jika kinerjanya juga low.

Oleh karena itu Anda pastikan router yang dipakai berkualitas bagus. Apa salahnya mengeluarkan uang sedikit lebih banyak jika itu bisa membuat koneksi internet di tempat Anda jadi lancar dan bisa mendukung aktifitas yang Anda kerjakan.

Cari Lokasi yang memiliki sinyal kuat

Cara selanjutnya untuk mengatasi koneksi internet wifi yang lemot yaitu Anda pastikan laptop Anda memiliki sinyal yang kuat. Lokasi dari wifi menjadi poin krusial yang bisa menjadi penentu.

Pertimbang hal berikut agar sinyal WiFi Anda menjadi lancar:

  • Jangan letakkan router dilokasi yang terhalang beton ataupun tembok.
  • Gunakan alat untuk menangkap sinyal wifi seperti repeater sebagai sarana pendukung yang dapat mempercepat koneksi. Letakkan repeater di temlat yang jarang mendapat sinyal.
  • Jangan gunakan alat yang mengoperasikan Bluetooth baik dari komputer ataupun router. Sinyal yang dikeluarkan oleh alat tersebut dapat menghambat koneksi WiFi.

Atur IRPStackSize Lebih Tinggi

Cara selanjutnya untuk mengatasi koneksi WiFi yang lemot yaitu dengan Anda mengatur IRPStackSize agar lebih tinggi. Saat Anda menaikkan nilai ini, maka kecepatan.

Mempercepat Koneksi Internet di Laptop
Mempercepat Koneksi Internet di Laptop

Internet yang akan didapat oleh Anda akan lebih optimal. Secara pengaturan default, nilai dari IRPStackSize sebesar 15, nilai ini bisa Anda naikkan hingga 50.

Bagaimana untuk Menggati Aturan Default?

Untuk dapat mengganti pengaturan default, Anda bisa simak langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pilih Start, kemudian Run, lalu Anda ketikkan “regedit” agar bisa membuka Registry Editor.
  • Selanjutnya Anda menuju HKEY_LOCAL_MACHINE-SYSTEM-CurrentControlSet-Services-LanmanServer-Parameters.
  • Di Parameter Anda klik kanan pada file DWORD bernama “IRPStackSize”, kemudian Anda klik Modify lalu Anda tinggal mengganti angkanya menjadi 50.
  • Jika Anda tidak bisa menemukan file tersebut, Anda bisa buat file DWORD baru. Beri nama “IRPStackSize” dengan nilai 50.
  • Selanjutnya Anda pilih lalu tutup jendela Registry Editor.
  • Restart komputer.
  1. Anda lakukan Network Reset dan Flushing DNS

2. Flush DNS dipakai untuk mereset cache DNS laptop yang dipakai untuk penyesuaian informasi dari perubahan domain, nama dari server, DNS dengan data baru.  Jika Anda melakukan hal tersebut, koneksi internet Anda akan teratasi.

3. Cara reset network serta cara flushing DNS:  Anda buka Command Prompt caranya klik kanan, lalu klik Run As Administrator. Ketikkan ipconfig /flushdns kemudian tekan Enter. Setelah itu Anda ketik ipconfig /renew kemudian Enter. Tutup Command Prompt dan lakukan tes untuk menguji koneksi internet.

Ubah Pengaturan QoS

Bagi Anda pengguna laptop yang menggunakan Windows 8 ke atas, secara default windows akan mengalokasikan 20% bandwidth sebagai Windows Update, dan 80% bandwidth sisanya untuk internet Anda. Dengan begitu cara untuk percepat koneksi WiFi lemot yang dapat Anda coba yaitu melakukan pengaturan pada lebar pita untuk internet Anda.

Caranya seperti di nawah ini:

  • Pilih Start, kemudian Run, lalu Anda ketik “gpedit.msc”
  • Kemudian Anda menuju Local Computer Policy, pilih Computer Configuration, lalu pilih Administrative Templates.
  • Tekan Network lalu selanjutnya QoS Packet Scheduler.
  • Anda klik dua kali di Limit Reservable Bandwidth.
  • Berikutnya pilih menu Enable. Kemudian isi angka 0 pada bandwidth limit.
  • Pilih Apply.
  • Setelah itu restart laptop Anda

Gunakan Software

Anda juga dapat memanfaatkan software WiFi Analyzer tanpa berbayar seperti misalnya free inSSIDer utility. Tujuannya adalah untuk melihat saluran manakah yang paling banyak digunakan.

Sesudah Anda memdapat informasi tersebut, selanjutnya  Anda dapat mengatur saluran pada pengaturan router yang digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *