Cara Membuat Paragraf Menjorok ke Dalam dengan Indentasi

By | Maret 5, 2021

Penulisan buku atau laporan resmi biasanya pada awal paragraf dibuat menjorok ke dalam. Ini merupakan aturan baku dalam sebuah penulisan. Kalimat pertama yang menjorok ke dalam menunjukkan paragraf baru. Dimana dalam paragraf tersebut terdapat ide pokok tersendiri. Selain itu membuat tampilan seluruh tulisan menjadi rapi.

Cara penulisan menjorok ke dalam disebut dengan indentasi. Menggunakan aplikasi Ms Word kita bisa membuat awal paragraf atau seluruh paragraf menjorok ke dalam. Misalnya untuk penulisan yang mengambil sumber dari buku orang lain. Sehingga bisa dibedakan dengan badan teks asli tulisan sendiri.

Biasanya untuk membuat sebuah teks atau paragraf menjorok ke dalam atau ke kanan digunakan tab. Namun untuk kebutuhan indentasi yang lebih rapi kita bisa menggunakan ruler serta dialog box paragraf. Berikut penjelasan cara menggunakan kedua fasilitas tersebut.

Cara Mengatur Indentasi Menggunakan Ruler

Cara pertama ini sangat mudah dilakukan. Jarak kedalaman paragraf bisa disesuaikan sendiri. Pada penulisan skripsi dan karya ilmiah jarak indentasi umumnya sudah ditentukan antara 4 sampai 5 cm. Untuk kebutuhan penulisan lain bisa menyesuaikan dengan ketentuan ukuran indentasi.

Untuk mengatur indentasi menggunakan ruler atau penggaris pada jendela Ms Word, kita bisa memanfaatkan mouse. Hanya cukup dengan menggerakkan ruler ke ukuran yang diinginkan. Pertama pilih dulu paragraf yang akan diatur indentasinya. Blok seluruh badan teks paragraf.

Kemudian geser tanda segitiga terbalik di bagian kiri ruler ke arah kanan. Maka kalimat pertama paragraf akan langsung menjorok ke dalam mengikuti tanda tersebut. Jika ingin membuat seluruh badan paragraf menjorok ke dalam, maka geser segitiga bagian bawah. Maka segitiga bagian atas akan mengikuti.

Pengaturan indentasi bisa juga dilakukan sebelum mulai menulis. Jadi kita bisa membuat paragraf langsung dengan setting ukuran indentasi yang diinginkan. caranya geser dulu tanda segitiga pada ruler seperti cara pertama. Kemudian langsung menulis baik untuk awal paragraf saja atau keseluruhan isi paragraf.

Cara Mengatur Indentasi Ms Word Menggunakan Dialog Box Paragraf

Selain menggunakan ruler, kita juga bisa mengatur indentasi di Ms Word melalui dialog box. Caranya blok paragraf yang akan diatur indentasinya kemudian. Posisikan jendela Ms Word pada tab Home. Pilih group paragraf pada Toolbar lalu klik tanda panah kecil di sebelah kanan bawah.

Setelah kotak dialog terbuka lakukan pengaturan sesuai ketentuan penulisan. Fokuskan pada bagian Indentation. Tentukan atau isi sendiri ukuran indentasi kiri (Left) dan kanan (Right). Bisa memanfaatkan tanda panah ke atas atau ke bawah yang tersedia. Perhatikan setting komputer apakah ukuran dalam inchi atau centimeter.

Jika ingin membuat awal paragraf saja yang menjorok ke dalam maka ubah bagian special. Disini terdapat tiga pilihan. None untuk membuat seluruh teks menjorok ke dalam, First line untuk kalimat pertama atau baris pertama saja dan Hanging untuk selain baris pertama paragraf.

Jika memilih First line, maka isi bagian By dengan ukuran jarak indentasi. Perhatikan bagian Preview untuk mengetahui hasilnya. Begitu juga dengan Hanging. Namun jika ingin semua badan paragraf menjorok ke dalam cukup isi bagian indetation Left. Contoh seperti gambar di bawah ini.

Pada pilihan hanging baris pertama tidak menjorok ke dalam. Penulisan semacam ini cukup jarang ditemui. Namun tidak ada salahnya mengetahui cara indentasi semacam ini untuk membuat tulisan yang unik dan artistic. Menggunakan dialog box lebih banyak pilihan yang bisa digunakan meski tidak secepat menggunakan ruler.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *