Cara Membuat Nomor Menggunakan Auto Fill dan Fill pada Ms. Excel

By | Januari 10, 2021

Microsoft Excell membantu pengerjaan pengolahan data dalam jumlah banyak. Grafik, perhitungan yang bisa dikerjakan secara manual bisa juga dikerjakan dalam Ms Excell. Termasuk yang paling mudah adalah dalam hal penomoran. Selama ini lebih sering dilakukan manual untuk penomoran dan fokus pada data inti berupa angka.

Padahal penomoran adalah langkah pertama yang dikerjakan sebelum mengisi kolom-kolom Excell dengan berbagai tipe data dan angka. Penomoran tampak sepele karena bisa dikerjakan manual. Tidak dibutuhkan rumus tertentu untuk menulis nomor sesuai urutan. Lalu mengapa disediakan cara penomoran dalam Ms Excell? Tentu untuk mempercepat pekerjaan.

Melalui menu Ms Excell, penomoran data lebih cepat selesai dan minim resiko selisih atau salah penomoran. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan melalui Ms Excell yang pertama adalah dengan fitur auto fill dan yang kedua melalui menu fill selain juga bisa menggunakan rumus Ms Excell.

Penomoran Menggunakan Fitur Auto Fill

Menggunakan fitur auto fill Ms Excell sangat mudah. Jika sebelumnya kita mengetikkan nomor urut dari angka 1 sampai sejumlah penomoran yang dibutuhkan secara manual, dengan fitur ini kita hanya perlu menulis 2 atau 3 angka saja. Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dragging ketika angka tersebut.

Pertama, tulis dulu angka 1 sampai 3 atau 4 dan seterusnya vertikal ke bawah untuk penomoran sesuai baris. Kedua, blok semua cell yang sudah berisi angka. Disini adalah cell A2 sampai A4. Lalu tarik atau drag ke bawah dari tanda plus (+) di sebelah kanan bawah.

Setelah itu lepaskan tarikan sesuai jumlah penomoran yang dikehendaki. Cara ini masih efektif untuk penomoran secara vertikal dan untuk data dalam jumlah puluhan atau ratusan. Namun jika data yang didapat adalah ribuan, penomoran ini akan memakan waktu dan kurang efektif. Maka diperlukan cara lebih cepat.

Penomoran Otomatis Melalui Menu Fill Ms Excell

Penomoran menggunakan menu fill bisa dilakukan jika tidak ada kondisi tertentu. Jika hanya merupakan penomoran biasa, cara ini paling mudah dan cepat. Tidak perlu repot mengetik dan dragging. Bisa dilakukan untuk penomoran secara vertikal maupun horizontal. Pertama harus diketahui jumlah penomorannya.

Tulis dulu angka 1 sebagai penomoran pertama dari jumlah data yang ada. Kemudian buat penomoran otomatisnya pada Tab Home lalu pilih group Editing. Pilih Fill atau dalam Ms Excell ditandai dengan panah arah ke bawah. Klik pada tanda panah tersebut.

Dari gambar di atas kita pilih series, klik menu tersebut kemudian akan muncul kotak dialog lagi untuk mengisi penomoran otomatis. Pengisian dari angka 1 sebagai step value yang terisi otomatis, kemudian stop value diisi penomoran terakhir misalnya 100.

Pada series in terdapat 2 macam pilihan, Rows untuk penomoran secara horizontal dan columns penomoran vertikal atau ke bawah. Dialog Type tidak perlu diganti, langsung pada step value dan stop value. Lalu tekan Ok maka penomoran langsung akan selesai.

Penomoran bisa juga dilakukan secara menyamping atau horizontal dengan memilih Rows pada series in. Untuk Type tidak perlu diganti tetap Linear. Namun biasanya penomoran horizontal tidak banyak hanya dalam hitungan puluhan saja tidak sampai ratusan.

Cara penomorannya sama seperti contoh sebelumnya. Hasilnya seperti pada gambar di atas ini. Kebanyakan data excel tersaji secara vertikal. Sehingga lebih mudah bagi pengguna untuk membaca dan mengolahnya. Namun untuk penamaan kolom lebih banyak dilakukan secara horizontal.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *