Cara Membuat Border dan Tabel Sederhana dalam Ms Word

By | Februari 22, 2021

Selain menulis dalam bentuk teks Ms Word bisa digunakan untuk membuat border yang menarik serta tabel sederhana. Border atau batas kertas pada lembar kerja Ms Word digunakan untuk membuat tampilan lebih menarik. Meski jarang digunakan dalam pekerjaan umum tetapi bisa bermanfaat jika kita mengetahui caranya.

Contoh penggunaan border dalam pekerjaan Ms Word adalah untuk membuah undangan. Baik undangan pernikahan maupun pesta lainnya. Dimana yang paling ditekankan bukan ukuran dan faktor kerapian saja tetapi juga nilai estetika. Bahkan border tidak hanya sebatas garis melainkan merupakan gambar ukiran dan sebagainya.

Sedangkan tabel digunakan untuk mempermudah membaca data yang berupa numeric. Jika ditulis menggunakan format teks biasa umumnya akan lebih sulit dipahami. Sehingga dibutuhkan tabel-tabel supaya penulisan lebih singkat. Berikut cara membuat border dan tabel sederhana dalam Ms Word.

Cara Membuat Border dalam Ms Word

Border atau bingkai dalam Ms Word dibuat dengan cara seperti pada gambar di bawah ini. Pilih Tab Design, akan muncul tampilan berbagai desain yang bisa dibuat dalam lembar kerja. Kemudian pilih menu Page Borders pada bagian kanan.

Klik pada bagian itu lalu akan muncul menu untuk pengaturan border. Dalam menu seperti gambar di bawah ini kita bisa menentukan bingkai dengan garis, garis putus-putus dan sebagainya. Tebal bingkai yang digunakan juga bisa disesuaikan.

Pada bagian setting digunakan untuk memilih model border. Box atau kotak, Shadow berupa baris dengan bayangan, tampilan 3D, atau custom yang merupakan style dengan nilai seni tertentu. Untuk mengetahui hasilnya bisa melihat pada Preview di sebelah kanan.

Bagian Style berisi pilihan garis border. Bisa garis penuh, garis putus-putus, garis 2 lapis, 2 garis dengan ketebalan berbeda dan masih banyak lagi. Klik panah ke bawah untuk melihat jenis gaya border yang ada. Bagian Color bisa dipilih sesuai dengan warna border yang diinginkan.

Bagian Width digunakan untuk memilih ketebalan border yang diinginkan. klik salah satu ukuran yang sesuai. Untuk membuat jadwal pelajaran, menulis puisi, kartu ucapan misalnya, border akan sangat berguna. Lebih menarik dilihat karena bisa dibuat bingkai.

Selain menggunakan garis untuk membuah bingkai bisa menggunakan gambar lain pada bagian Art. Tersedia banyak gambar yang bisa dipilih untuk mempercantik tampilan dokumen. Untuk anak sekolah dan kebutuhan yang berhubungan dengan estetika border dengan gaya Art akan sangat diminati.

Cara Membuat Tabel Sederhana

Membuat tabel dalam Ms Word juga bisa dilakukan. Tidak harus membuat pada Ms Excell terlebih dahulu. Untuk kebutuhan tabel sederhana bisa langsung dibuat sendiri sesuai ukuran yang diinginkan. Caranya melalui Tab Insert kemudian pilih tables, klik pada table.

Disini kita bisa pilih sendiri jumlah kolom dan baris sesuai yang diinginkan. klik lalu geser kursor kekanan untuk memilih jumlah kolom dan ke bawah untuk memilih jumlah baris. Setelah sesuai dengan jumlah yang diingkan klik pada akhir jumlah baris dan kolom pada pojok kanan bawah.

Selain menggunakan cara tersebut bisa juga dengan menulis jumlah kolom dan baris melalui insert tabel. Menu yang berada di bawah gambar kotak-kotak tersebut. pada bagian table Size bisa ditentukan jumlah kolom dengan klik panah ke bawah dan ke atas. Begitu juga dengan jumlah baris.

Setelah menentukan jumlah kolom dan baris sesuai keinginan, lalu klik Ok. Jika ingin membuat tabel dengan ukuran yang sama pada dokumen berikutnya centang bagian Remember dimensions for new tables. Sehingga pada pembuatan tabel berikutnya lebih cepat, ukurannya tersetting sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *