Cara Membatalkan Perintah pada Ms Word

By | Maret 4, 2021

Menggunakan Ms Word untuk pekerjaan yang berhubungan dengan penulisan pasti pernah melakukan kesalahan. Bisa terjadi pada saat penulisan atau pengetikan bisa juga pada saat mengatur dokumen. Misalnya melakukan copy paste, namun ternyata salah ketika mem-paste, maka bisa dibatalkan tanpa menghapus obyek yang dicopy.

Ms Word sudah menyediakan fitur untuk memperbaikin kesalahan perintah dengan lebih mudah dan cepat. Sehingga file atau dokumen yang dimiliki kembali ke kondisi sebelum terjadi kesalahan perintah. Hal ini akan sangat berguna ketika mendapati dokumen penting yang tidak bisa sembarangan diedit atau diatur.

Membatalkan perintah dalam penulisan maupun pengaturan dokumen dalam Ms Word bisa menggunakan Undo dan Redo. Fitur ini akan sering dibutuhkan dalam penulisan maupun editing teks dokumen. Berikut cara mudah penggunaan fitur Undo dan Redo yang perlu diperhatikan khususnya bagi pemula.

Cara Menggunakan Undo pada Word

Undo akan sering digunakan dalam penulisan di Ms Word. Fitur ini sangat membantu ketika perlu dilakukan perbaikan atas kesalahan perintah yang sudah dilakukan. Sehingga kondisi teks secara keseluruhan akan berada seperti aslinya sebelum dilakukan pengeditan atau perubahan apapun.

Cara menggunakan Undo adalah dengan klik tombol pada quick access toolbar. Undo disimbolkan dengan panah ke arah kiri, yang bisa diartikan sebagai kembali. Perhatikan Quick access toolbar di sebelah kiri atas. Sesaat setelah melakukan kesalahan bisa langsung klik simbol tersebut.

Contoh seperti gambar di atas, pada saat menulis kemudian meng-copy teks untuk dipaste di paragraph selanjutnya. Namun bisa dibatalkan dengan langsung klik pada tombol Undo. Kesalahan yang tidak disengaja juga bisa langsung dikoreksi menggunakan tombol ini.

Selain klik pada tombol Undo, bisa juga melalui shortcut Ctrl + Z. Cara ini lebih simple dan cepat namun perlu diingat dengan baik. Sesaat setelah melakukan kesalahan perintah dalam pekerjaan Ms Word, langsung tekan Ctrl dan huruf Z secara bersamaan.

Teks akan kembali seperti sebelum terjadi kesalahan. Namun untuk shortcut Undo berfungsi membatalkan perintah terakhir yang baru saja dilakukan. Jika ingin mengetahui secara spesifik perintah pengeditan yang telah dilakukan sebelumnya bisa dengan klik tombol Undo pada toolbar di bagian panah ke bawah.

Misalnya seperti gambar di atas, dimana akan tampak semua action yang telah dilakukan selama penulisan. Semuanya berhubungan dengan pengeditan. Di sini kita bisa tahu perubahan apa saja yang sebelumnya sudah dilakukan dalam teks. Jika ingin mengkoreksi jadi lebih mudah.

Cara Menggunakan Redo pada Ms Word

Jika Undo digunakan untuk membatalkan perintah dalam penulisna maupun pengeditan. Maka terdapat pula fitur kebalikannya yaitu Redo. Jika ternyata Undo atau pembatalan yang dilakukan akan dibatalkan maka klik pada Redo. Jadi pembatalan sebelumnya dikoreksi kembali.

Misalnya mencopy sebuah teks, kemudian dipaste pada paragraph selanjutnya. Karena alasan tertentu maka hasil copy dibatalkan dengan Undo. Lalu ternyata diperlukan kembali copy teks tersebut maka Undo dibatalkan melalui Redo. Jadi tidak perlu mengulang perintah untuk copy dan paste kembali.

Tombol Redo disimbolkan dengan panah melingkar. Umumnya terletak bersebelahan dengan tombol Undo yang merupakan satu kesatuan fitur. Tombol ini berada pada quick access toolbar di jendela sebelah kiri atas. Selain menggunakan tombol Redo bisa juga menggunakan shortcut.

Gunakan shortcut Redo dengan menekan tombol Ctrl + Y untuk membatalkan pembatalan perintah. Cara ini lebih mudah dan simple namun seperti penggunaan shortcut pada umumnya, perlu dihafal supaya tidak salah memberikan perintah penulisna dalam Ms Word.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *