Cara Mematikan Antivirus Tanpa Harus Pusing, Baca Disini!

By | Februari 23, 2021
Cara Mematikan Antivirus

Seperti yang kita tahu, menginstall antivirus adalah upaya untuk melindungi perangkat kompuer atau laptop dari serangan virus dan malware. Akan tetapi, adakalanya kita harus menonaktifkan antivirus ini terlebih dahulu, misalkan ketika hendak menginstall software. Tetapi, bagaimana cara mematikan antivirus? Mudah saja! Yuk simak panduan lengkapnya!

Cara Mematikan Antivirus Smadav dan Avast

Ada banya sekali ragam antivirus untuk komputer atau laptop, mulai dari yang gratis sampai dengan yang berbayar. Secara garis besar, fungsi semua antivirus adalah sama, yaitu untuk melindungi komputer atau laptop Anda dari serangan virus dan malware.

Tetapi, adakalanya kita harus mematikan antivirus terlebih dahulu, misalkan ketika hendak menginstall software baru. Ketika hendak menginstall software, secara otomatis antivirus akan menjalankan fungsinya untuk melindungi perangkat Anda.

Mereka menilai bahwa file software yang ingin Anda install adalah file berbahaya, dan mereka akan segera bertindak. Jika Anda pernah menemukan kasus tidak bisa menginstall software akibat file tidak lengkap atau bahasa kerennya file corrupt, antivirus-lah yang bertanggung jawab untuk hal ini.

Maka dari itu, sebelum menginstall software baru, Anda harus mematikan antivirus terlebih dahulu. Bersama ulasan ini, kami akan membagikan informasi terkait bagaimana cara menonaktifkan antivirus Smadav dan juga Avast. Mengapa harus Smadav dan Avast? Karena kedua antivirus ini yang paling banyak terpasang di perangkat komputer atau laptop. Langung saja, berikut panduan lengkapnya!

  • Cara Mematikan Anti Virus Smadav

Pertama, kita akan membahas bagaimana cara mematikan antivirus Smadav. Apakah Anda juga pengguna antivirus ini? Smadav menjadi satu dari beberapa antivirus populer yang sudah dipakai sejak lama.

Ada beberapa alasan mengapa antivirus satu ini cukup populer. Smadav adalah antivirus buatan anak bangsa, lho! Selain sebagai bukti dari kecintaan kepada produk dalam negeri, Smadav juga menawarkan banyak keunggulan sehingga wajar saja bila banyak yang menyukai antivirus satu ini.

Beberapa keunggulan dari Smadav antivirus adalah :

  • Tidak menghabiskan ruang penyimpanan. Smadav memiliki ukuran file yang cukup kecil, sehingga dapat di install hampir pada seluruh perangkat komputer atau laptop.
  • Dapat berjalan bersamaan dengan antivirus lain.
  • Murah dan ada versi gratis nya. Antivirus ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Untuk berlangganan versi premium, biayanya cukup murah. Wajar saja ya bila banyak yang tertarik dengan antivirus satu ini.

Kembali kepada pokok bahasan, bagaimana cara mematikan anti virus Smadav? Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Pertama, silahkan jalankan software Smadav terlebih dahulu. Selanjutnya, pilih menu protect  yang ada pada bagian kiri.

Cara Mematikan Anti Virus Smadav

Anda bisa meng-klik disable, karena Smadav hanya akan menonaktifkan sementara saja.

Cara Mematikan Anti Virus Smadav

Selesai. Sangat mudah bukan?  Selain dari cara di atas, ada cara yang tak kalah mudah untuk menonaktifkan antivirus Smadav, yakni melalui ikon Smadav pada taksbar. Bagaimana caranya?

Pertama, klik ikon segitiga yang ada pada bagian taksbar. Anda akan menemukan ikon Smadav disana. Silahkan klik kanan pada ikon Smadav, dan pilih Nonaktifkan Proteksi (sampai restart).

Cara Mematikan Anti Virus Smadav

Dengan begini, Anda sudah berhasil mematikan antivirus Smadav hanya untuk sementara. Mudah bukan?

  • Cara Mematikan Anti Virus Avast

Apakah Anda salah satu pengguna antivirus Avast? Tahukah Anda bagaimana cara mematikan antivirus satu ini? Cara mematikan antivirus Avast tidak akan jauh berbeda dengan cara mematikan antivirus Smadav tadi.

Sama halnya dengan Smadav, Avast merupakan salah satu antivirus yang cukup populer. Banyak yang menggunakan antivirus yang satu ini karena memang sistem keamanan Avast layak mendapat pujian.

Ada sistem keamanan yang mampu membasmi virus dan juga malware, bahkan mampu melindungi perangkat komputer dan laptop Anda dari serangan hacker, lho! Selain kemampuan melindungi yang sudah tidak perlu Anda ragukan, Avast juga memiliki fitur Smart Scan yang dapat mendeteksi apabila terdapat ancaman bagi perangkat Anda.

Dan masih ada banyak lagi keunggulan dari Avast, jika Anda sudah menggunakan antivirus ini sejak lama, tentu Anda sangat paham bukan? Karena kemampuan Avast dalam melakukan perlindungan sekaligus menjadi ancaman ketika Anda hendak menginstall software baru.

Serupa dengan Smadav dan antivirus lain, Avast akan mendeteksi file software sebagai malware dan membuatnya rusak. Maka dari itu, Anda harus mematikan antivirus ini terlebih dahulu sebelum menginstall software. Tapi bagaimana caranya?

Pertama, silahkan jalankan software Avastnya terlebih dahulu. Selanjutnya, masuk ke menu Protection dan pilih Core Shield.

Cara Mematikan Anti Virus Avast

Jika sudah, Anda akan mendapati adanya ikon pengaturan.

Cara Mematikan Anti Virus Avast

Silahkan klik ikon tersebut. Akan ada banyak sekali pengaturan yang ditampilkan. Silahkan pilih pengaturan mana yang ingin Anda nonaktifkan dengan cara menghilangkan tanda centang yang ada pada check box.

Cara Mematikan Anti Virus Avast

Mudah bukan? Selamat mencoba!

Itulah tadi cara mematikan antivirus Smadav dan juga Avast. Semoga ulasan ini dapat membantu Anda dan menambah wawasan kita bersama, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *