Perbedaan Trik dan Cara Burn CD Windows 10 dan Windows Lainnya

By | Februari 23, 2021
Cara Burn CD Windows 10

Dari banyaknya cara burn CD windows 10 yang tersebar di berbagai sumber pustaka, ada beberapa yang cukup efektif berhasil. Perihal “burn disk” sendiri erat kaitannya dengan software pembantu seperti Nero Burning atau aplikasi burning CD yang semacamnya.

Untuk melakukan proses ‘burning’ itu sendiri sebetulnya bisa terjadi tanpa bantuan software tambahan. Berikut adalah beberapa cara yang cukup sederhana dan pembaca dapat mempraktikannya sendiri.

Cara Burning CD tanpa Software Tambahan

Hal pertama dalam melakukan burning adalah memastikan CD atau DVD Blank sudah ter-input ke DVD-RW. Sesudah CD atau DVD tersebut masuk, nantinya akan muncul dua opsi. Nah, di antara dua opsi tersebut pilihlah opsi “With a CD/DVD player”.

Setelahnya, salin fail yang hendak di-burning-kan ke CD tadi. Simpel, copy paste saja. Setelah tertempel ke dalam CD, klik kanan pada CD/DVD lalu klik ‘Burn to disc’. Dalam melakukan ‘burning’ ini, Anda bebas untuk men-setting ‘burning speed’ namun saran saya akan lebih safety jika Anda tidak memilih kecepatan yang maksimal.

Macam-macam Burning CD Windows

Selain cara di atas, masih ada beberapa cara lain yang bisa Anda coba. Burning sendiri adalah proses yang cukup sederhana yang mana pada dasarnya adalah meng-insert fail seperti picture, video, audio atau dokumen ke dalam CD atau DVD.

Sering kali kita membutuhkan CD sebagai media untuk menyimpan fail yang lebih formal dan aman dalam menyampaikan dokumen atau pesan tertentu. Baik itu untuk urusan operasional instansi maupun kepentingan personal.

Cara burning yang ada pun tidak harus dengan mengunduh aplikasi pembantu lainnya, tanpa software tambahan pun sebetulnya juga bisa seperti cara yang tertulis sebelumnya.

Pada umumnya, orang akan menggunakan software bantuan seperti Nero atau Ashampoo Burning Studio. Fitur burning sebenarnya terdapat dalam setiap operating system Windows itu sendiri.

Kebanyakan orang yang akan melakukan burning mereka menginstal software burning salah satunya adalah nero. Namun sebenarnya fitur burning sendiri tersedia di sistem operasi Windows. Mulai dari Windows XP, Windows 7, Windows 8 sampai Windows 10.

Trik Burning CD Windows XP

Bagi Anda yang sampai sekarang masih menggunakan Windows XP, Anda masih dapat melakukan burning CD dengan memanfaatkan fitur dari Windows. Sayangnya, hal seperti ini justru kurang populer di telinga banyak orang. Berikut adalah beberapa cara burning CD windows 10.

Sama seperti cara sebelumnya, pertama masukkan CD atau DVD ke dalam drive DVD lalu akses Windows Explorer. Kemudian silakan menuju ‘My Computer’ untuk membuka drive CD yang telah terinput. Pilih dan letakkan fail yang ingin di-burn ke CD drive.

Jika sudah berada dalam drive, silakan klik ‘Write these files to CD’ pada layar monitor sebelah kiri kita. Kemudian Anda dapat menuliskan nama CD tersebut. Setelah tahap penamaan, proses burning dapat mulai setelah ikon ‘Next’ Anda klik. Sisanya, hanya butuh sedikit kesabaran untuk menunggu proses burning selesai bekerja.

trik burning cd

Trik Burning CD Windows 7

Kemduian untuk Windows 7, cara burning CD atau DVD-nya hanya berbeda sedikit. Tahap pertama sama seperti Windows XP, masukkan CD ke drive-nya, buka Windows Explorer dan pindahkan fail yang akan di-burn ke CD.

trik burning cd window 7

Nah, setelah itu, klik kanan pada CD/DVD drive. Kemudian, pilih ‘Burn to disc’ dan secara otomatis, proses burning sudah berjalan di Windows 7. tunggu saja sampai burning usai. Durasi burning CD variatif bergantung pada besaran fail dan kualifikasi komputer yang melakukan burning.

Trik Burning CD Windows 8 & 10

Baik Windows 8 maupun Windows 10 adalah OS Windows keluaran terbaru. Namun meski terdapat beberapa pembaharuan, fitur burning CD yang ada di Windows XP masih terdapat dalam Windows 8 dan juga Windows 10.

Cara awal burning CD Windows 10 persis seperti sebelumnya. Masukkan CD ke drive-nya dan Salin fail ke drive CD. Sesudahnya, klik kanan pada file tersebut setelah itu klik ‘Send to DVD RW Drive’

Trik Burning CD Windows 8 & 10

Sesudahnya, silakan isi nama CD yang di-burn tersebut dan klik opsi ‘With a CD/DVD player’ kemudian pilih ‘Next’. Lalu silakan menuju ‘This PC’ dan langsung ke DVD drive untuk mengklik ‘Finish Burning’ yang berada di tab Manage. Jika memang butuh, Anda bisa mengubah judul CD sebelum mengklik ‘Next’ lagi. Setelah itu, tunggu hingga benar-benar tuntas dan selesai.

Sekilas teknis burning CD antara Windows XP dengan Windows versi lainnya memang mirip. Yang membedakan hanyalah redaksional teksnya saja, command function-nya kurang lebih sama. Jadi, untuk cara burn CD di windows 10 maupun pada windows lainnya bisa terlaksana mandiri tanpa bantuan software tambahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *