Cara Mengatasi Masalah 502 Bad Gateway Error

By | April 2, 2021

Masalah seperti 502 Bad Gateway error ini sepertinya sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Maka dari itu bila Anda pernah mengalaminya juga, jangan khawatir! Masalah error seperti 502 ini termasuk kode 500. Hal tersebut bisa saja terjadi karena servernya (proxy atau gateway) sedang mendapatkan respon invalid dari inbound server.

Permasalahan ini bisa mengakibatkan peringkat website Anda menjadi turun. Disamping itu ditinjau dari segi perubahan dan konversi pengunjung web juga bisa menurun. Akibatnya hal tersebut bisa mempengaruhi keuntungan web bisnis Anda tersebut. Karena web mengalami downtime dalam waktu yang lama.

Cara Mengatasi Masalah 502 Bad Gateway Error

Masalah seperti ini kerap terjadi pada server atau network. Namun terkadang masalah ini juga bisa terjadi karena browser yang sedang digunakan. Maka dari itu berikut kami berikan bagaimana cara mengatasinya dengan mudah, antara lain:

1. Reload Halaman Website

Cobalah untuk reload atau muat ulang halaman situs yang bermasalah. Karena terkadang masalah ini terjadi saat ada permintaan yang berlebihan pada website sehingga mengalami overload. Jika masalah ini terjadi karena overload, biasanya dalam waktu 1 menit masalah ini langsung teratasi setelah direload.

2. Bersihkan Semua Cache Browser

Selain cara di atas, Anda bisa mengatasinya dengan membersihkan dan menghapus tuntas cache browser Anda.

3. Ganti Pemakaian Browser

Bila cara di atas tidak cukup membantu, coba akses situs dari browser lainnya. Selain itu Anda juga bisa mencobanya menggunakan menu incognito untuk mengecek permasalahannya. Bila situs sudah bisa diakses lewat browser lain atau menggunakan menu samaran seperti incognito, maka bisa jadi masalah ini diakibatkan oleh browser yang Anda gunakan.

4. Coba Perangkat yang Lain

Permasalahan 502 Bad Gateway seperti ini juga bisa terjadi saat perangkat yang digunakan untuk mengakses web tersebut tidak support. Sehingga Anda harus mencoba perangkat yang lainnya.

5. Cek Status Web-nya

Untuk mengecek apakah web sedang error atau tidak, maka kunjungi web downforeveryoneofjustme.com setelah itu ketik nama domain (alamat web yang bermasalah). Dari sinilah Anda bisa mengetahui langsung apakah masalahnya terjadi karena klien (browser yang digunakan) atau servernya.

website down error status 502 bad gateway

6. Tunggu sampai Permasalahan DNS Berakhir

Bila Anda adalah seorang pengelola website, maka ditinjau dari segi server sebaiknya tunggu saja hingga masalah domain name server selesai. Karena hal ini juga bisa terjadi saat ada isu pada DNS. Sehingga domain yang digunakan tidak dapat resolve IP dengan baik dan benar. 

Maka dari itu bila Anda baru saja melakukan migrasi web WordPress menuju penyedia layanan hosting yang baru, sebaiknya tunggu sampai 24 jam dulu. Sehingga dari sini Anda bisa memastikan bahwa proses migrasinya sudah berjalan dengan lancar. Namun semuanya itu biasanya tergantung dari value TTL DNS yang digunakan oleh pengelola website.

7. Bersihkan Cache Local DNS

Selain beberapa hal di atas, biasanya masalah ini juga bisa terjadi karena ada cache local DNS yang sudah menumpuk banyak. Sehingga untuk mengatasi permasalahan ini, solusinya hanya perlu menghapus cache lokalnya saja. Cara melakukannya sama seperti ketika sedang menghapus cache pada browser Anda. Jadi sangat mudah dan simple!

Jadi sebenarnya ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah ini pada website Anda. Jadi jangan pernah takut ketika melihat masalah ini. Karena sebenarnya permasalahan 502 Bad Gateway ini seringkali terjadi kapan saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *