Muncul 502 Bad Gateway di laman Info GTK, ini Solusinya

By | November 19, 2020

Mediknas.com | Tidak bisa login Info gtk di laman info.gtk.kemdikbud.go.id dan muncul tulisan 502 Bad Gateway nginx. Hal ini terjadi beberapa hari ini setelah terjadinya lonjakan pengunjung yang ingin mengakses situs tersebut.

502 bad gateway info gtk
502 bad gateway info gtk

Seperti diketahui, setelah beredar informasi bahwa Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Kemendikbud akan memberikan bantuan BLT atau BSU Tenaga Pendidik dan kependidikan Tahun 2020. dan untuk melihat apakah mendapatkan bantuan atau tidak adalah dengan Login di laman https://info.gtk.kemdikbud.go.id dengan menggunakan Akun PTK yang telah dibuat melalui Aplikasi Dapodik di sekolah masing-masing.

Apa itu Error 502 Bad Gateway

Error 502 Bad Gateway menurut Wikipedia adalah error yang terjadi ketika gateway atau proxy menerima respon yang tidak valid dari server.  Setiap kali Anda berkunjung ke website, browser Anda akan mengirimkan request ke web server. Setelah itu web server akan menerima dan memproses permintaan tersebut dan mengirimkan kembali ke browser untuk ditampilkan kepada user. Jika proses ini tidak berjalan dengan sempurna, biasanya browser akan menampilkan error 502 bad gateway.

Penyebab Error 502 Bad Gateway

Banyak sekali penyebab 502 bad gateway, diantaranya:

  1. Terjadi kerusakan terhadap satu atau semua upstream server;
  2. Server mengalami kelebihan muatan;
  3. Terdapat bug di script PHP;
  4. Cache browser bermasalah; dan
  5. Gangguan jaringan.

Namun dalam hal ini untuk laman Info GTK yang muncul Error 502 Bad Gateway Admin dapat menyimpulkan bahwa penyebabnya adalah karena Server mengalami kelebihan Muatan/Pengunjung.

Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi Error tersebut, namun ada 3 cara yang admin rekomendasikan untuk dilakukan ketika mengalami error ketika membuka laman Info.gtk.kemdikbud.go.id, yaitu:

Reload Web info.gtk.kemdikbud.go.id

Melakukan reload web akan mengembalikan situasi laman Info GTK kembali normal, karena bisa jadi penyebab 502 bad gateway karena server telah kelebihan muatan alias overload, sehingga harus disegarkan kembali.

Menghapus Cache Browser

Cache merupakan file yang tersimpan di server karena kamu membuka web untuk kesekian kalinya. Jadi cache secara otomatis memudahkan kamu bisa menerima tampilan web secara komplit tanpa perlu membuat server bekerja berulang-ulang. Namun jika cache ini dibiarkan secara terus menerus Cache ini membuat web kamu jadi kelebihan muatan atau overload. Maka dari itu, penghapusan cache akan membantu web meringankan file, dan permasalahan 502 bad gateway berpeluang cepat teratasi.

Menunggu

Langkah yang terakhir ketika kedua langkah sebelumnya belum juga berhasil mengatasi error ialah dengan Menunggu dengan sabar sampai Server Info.gtk.kemdikbud.go.id kembali normal dan pengunjungnya juga kembali normal tidak menumpuk.

Demikian Informasi mengenai Munculnya Error 502 Bad Gateway ketika membuka Laman Info.gtk.kemdikbud.go.id yang sekaligus trik untuk mengatasinya.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *