3+ Tutorial Dasar Ms Word Bagi Pemula

By | Februari 19, 2021

Setiap pekerjaan berhubungan dengan komputer pasti menggunakan aplikasi Ms Word. Semua penulisan bisa dilakukan disini meski bisa juga melalui Wordpad. Namun Ms Word digunakan secara umum mulai dari kebutuhkan dasar dalam pekerjaan. Misalnya membuat label nama, menulis surat ijin dan sebagainya.

Ms Word bukan lagi skill khusus tetapi merupakan pengetahuan dasar yang harus dimiliki setiap orang. Bahkan saat ini anak tingkat Sekolah Dasar sudah sangat pandai menggunakan semua fitur dalam Ms Word. Tuntutan dunia pendidikan dan pekerjaan sangat erat berkaitan dengan aplikasi Ms Word.

Ms Word sangat mudah dipahami dan dijalankan. Tidak seperti Ms Excell yang membutuhkan banyak rumus. Ms Word tidak berhubungan dengan fungsi dan rumus. Murni untuk kebutuhan penulisan. Berikut cara pengoperasian dasar Ms Word bagi pemula.

Cara Membuat Dokumen

Dokumen adalah file atau hasil penulisan yang kita buat. Membuat sebuah dokumen Ms Word berarti langkah pertama yang dibutuhkan adalah membuka aplikasi Ms Word. Bisa melalui shortcut di desktop. Bisa juga melalui tombol start kemudian pilih Microsoft Office lalu klik Microsoft Word.

Untuk Ms Word terbaru mulai 2013 ke atas, pengguna lebih mudah mengoperasikan. Begitu klik pada shortcut Ms Word akan langsung masuk pada menu. Pilih Blank Document jika ingin mulai membuat dokumen baru. Klik kemudian mulai menulis.

Jika sudah membuka sebuah dokumen lalu ingin menambah lagi maka diperlukan lembar Ms Word baru. Caranya dengan klik File di kiri atas, pilih New, lalu pilih Blank Document. Maka akan muncul lembar kerja baru. Untuk lebih cepat bisa dengan shortcut Ctrl + N.

Panduan Membuka File Ms Word

Membuka file Ms Word berarti kita sudah memiliki file sebelumnya. Ketika ingin memanggil kembali file tersebut caranya adalah dengan klik File > Open > Browse, kemudian pilih nama file yang akan dibuka. Seperti gambar di bawah ini. Bisa juga melalui shortcut Ctrl + O.

Tutorial Menyimpan Dokumen

Selesai membuat dokumen dalam Ms Word kita harus menyimpannya supaya bisa digunakan lagi dilain waktu. Caranya dengan klik File di bagian kiri atas kemudian klik Save. Kita bisa memilih akan menyimpan file dimana. Misalnya di Document seperti pada gambar di bawah ini.

Ketik nama file yang diinginkan kemudian klik Save atau tekan Enter. Menyimpan file bisa juga melalui shortcut Ctrl + S. Secara otomatis akan langsung masuk pada kotak menu penyimpanan. Caranya sama dengan mengetik nama file kemudian Enter. Nama file masih bisa diedit jika ingin diganti.

Bisa juga dengan langsung klik pada ikon simpan bergambar disket pada bagian kiri atas. akan muncul menu penyimpanan seperti sebelumnya. Kita bisa memilih menyimpan melalui Browse dengan menentukan lokasi penyimpanan. Bisa juga langsung pada Document. Disarankan untuk menyimpan file di Drive D supaya mudah dibackup.

Selain menyimpan dokumen baru, kita juga bisa menyimpan kembali dokumen lama menggunakan nama file baru. Misalnya mencontoh dokumen milik orang lain kemudian ingin disimpan menggunakan nama sendiri. Maka menggunakan menu Save As. Caranya klik File kemudian Save As lalu Browse. Bisa juga langsung klik Document.

Ketika menulis dokumen perlu secara berkala melakukan penyimpanan dengan shortcut Ctrl + S. Untuk menghindari file hilang ketika terjadi gangguan. Sebab pengaturan komputer kadang-kadang tidak diperhatikan untuk penyimpanan otomatis. Sehingga tulisan yang disimpan menjadi tidak utuh jika tiba-tiba komputer mati atau hang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *