3 Cara Membalikkan Urutan Halaman Dokumen Word yang Telah Dicetak

By | September 11, 2020

Ternyata mencetak dokumen Word dengan urutan halaman yang terbalik itu mudah! Anda bisa memulainya dari halaman paling terakhir hingga paling awal. Cara ini berguna sekali untuk membantu Anda saat ingin mencetak dokumen menggunakan printer yang memiliki tulisan menghadap ke atas.

Bila tidak tahu triknya, akibatnya ketika dokumen selesai dicetak, ternyata halaman terakhir justru berada di urutan terbawah. Sedangkan halaman pertama dicetak di bagian yang paling atas. Tentu saja ini akan sangat merepotkan sekali bila ingin menyusun lembarannya.

Bagi orang yang masih awam, biasanya mereka mengatasinya dengan menyusun lembaran halaman satu per satu. Padahal sebenarnya ada 3 cara yang bisa digunakan untuk membalikkan urutan halaman dokumen Word yang sudah dicetak sebelumnya. Sehingga dengan cara inilah akan memudahkan Anda untuk menyusun halaman dokumen yang mau dijilid.

Dengan begitu tidak hanya tenaga saja yang akan dihemat, namun cara ini akan menghemat waktu Anda supaya tidak terbuang sia-sia. Terlebih bila jumlah halaman dokumennya ada ratusan lembar seperti pada buku dan skripsi. Tentunya butuh trik tersendiri untuk mengatasi permasalahan ini.

Cara 1: Lewat Options Microsoft Word

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, bahwa setidaknya ada 3 cara yang digunakan untuk membalikkan urutan halaman dokumen Word yang akan dicetak. Yaitu menggunakan menu option, pengaturan, dan properties. 

Nah kali ini kami akan bantu membalikkan urutan halaman dokumen Word menggunakan menu Options. Cara ini bisa digunakan untuk semua dokumen Word. Berikut ini adalah langkah-langkahnya, antara lain:

  1. Pilih File dan Options. Selanjutnya di bagian menu Advanced, langsung saja scroll menuju ke bawah hingga menemukan Print. Kemudian centang kotak Print Pages in Reverse Order.
  2. Bila sudah, langsung saja pilih OK sehingga kotak dialognya segera ditutup.
  3. Dari sinilah Anda bisa melakukan print secara langsung. Karena urutan halamannya sudah diatur menggunakan menu Options.

Cara 2: Lewat Pengaturan Pencetakan Dokumen

Untuk cara yang satu ini hanya berlaku bila dokumennya mau dicetak saja. Maka dari itu jika Anda ingin mencetak dokumen Word namun terkendala dengan masalah urutan halamannya, sebaiknya simak panduannya di bawah ini:

  1. Tekan CTRL + P sehingga kotak dialog Print segera terbuka.

2. Pada menu Settings, isi kotak Pages yang tersedia menggunakan urutan angka yang terbalik. Misalnya dalam dokumen tersebut berisi 10 halaman, maka tulis pada kotak Pages tersebut berisi 10-1.

3. Setelah itu print dari halaman yang terakhir dan tekan tombol Print. Sehingga dokumennya akan segera tercetak secara langsung.

Catatan: 

Bila Anda menggunakan cara ini, biasanya tampilan layar Printnya berbeda saat digunakan untuk mengatur file Word 2007. Namun meskipun begitu, cara pengaturannya sebenarnya kurang lebih adalah sama.

Cara 3: Lewat Printer Properties

Beruntung sekali bila Anda memiliki printer khusus yang bisa memberikan pilihan mencetak dokumen menggunakan urutan terbalik secara langsung. Itulah sebabnya bila Anda memilikinya, maka Anda bisa memakai cara ini. Karena cara ini dapat dipakai untuk mencetak dokumen yang berasal dari aplikasi apapun. Berikut ini adalah tutorialnya!

  1. Tekan tombol CTRL + P sehingga kotak dialog Print terbuka.

2. Kemudian pilih Printer Properties sehingga terbukalah layar baru.

3. Setelah itu centang kotak keterangan Reverse Print, Reverse Order, Print from Last Page, Back to Front. Selanjutnya, langsung saja pilih OK dan langsung cetak dokumennya.

Nah dengan menggunakan 3 pilihan cara di atas, tentunya hal ini akan membantu Anda untuk membalikkan urutan halaman dokumen Word yang akan diprint.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *